Loading...
Loading…
5 Contoh Perbuatan Baik di Bulan Ramadhan, Bisa Menjadi Penyempurna Ibadah Puasa

5 Contoh Perbuatan Baik di Bulan Ramadhan, Bisa Menjadi Penyempurna Ibadah Puasa

Gaya Hidup | inewsid | Rabu, 13 April 2022 - 13:10

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak contoh perbuatan baik di bulan Ramadhan yang perlu diamalkan oleh setiap umat Islam. Amalan tersebut juga diterapkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabat.

Di bulan yang kaya akan berkah, pastinya sangat dianjurkan untuk meningkatkan perbuatan dan amalan-amalan baik. Terlebih, setiap amalan yang dilakukan di bulan puasa akan dilipatgandakan pahalanya.

Selain menjauhi perbuatan yang bisa merusak puasa, melakukan perbuatan baik berikut ini akan dapat menyempurnakan ibadah di bulan puasa.

Maka akan sia-sia sekiranya jika amalan atau perbuatan baik berikut ini tidak dilakukan di bulan Ramadhan. Dikutip iNews.id dari situs Kemenag dan Khazanah Ramadhan Unpak, berikut ini adalah contoh perbuatan baik di bulan Ramadhan yang perlu dicontoh setiap umat muslim. Contoh Perbuatan Baik di Bulan Ramadhan: 1. Memperbanyak Doa

Bulan Ramadhan juga disebut sebagai bulan suci sekaligus bulan seribu bulan. Artinya, di bulan inilah segala perbuatan baik akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Salah satu perbuatan baik di bulan Ramadhan yang sangat dianjurkan dan mudah dilakukan adalah memperbanyak doa dan meminta ampunan sekaligus ridha kepada Allah.

Baca Juga :
11 Contoh Gambar Poster Ramadhan untuk Menyambut Bulan Puasa 1443 Hijriah. Estetik Banget!

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, bahwa Rasulullah bersabda:

"Ada tiga manusia yang doa mereka tidak akan ditolak: (1) Doa orang yang berpuasa sampai dia berbuka (2). Pemimpin yang adil (3) Doa orang teraniaya". (HR. At Tirmidzi No. 2526, 3598, Ibnu Hibban No. 7387. dishahihkan oleh Imam Al Baihaqi). 2. Memperbanyak Sedekah

Memperbanyak sedekah menjadi salah satu amalan utama di bulan Ramadhan. Meningkatkan sedekah bisa dimaknai sebagai ungkapan syukur atas nikmat dipertemukan Ramadhan.

Selain itu, perbuatan ini bisa menjadi penyempurna ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya. Karena tidaklah sempurna keimanan dan kualitas ibadah seseorang, kecuali jika adanya keseimbangan antara ibadah ritual dan ibadah sosial. Sebagaimana firman Allah SWT,

Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan penuh harap, dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka. (Qs. As-Sajdah: 16). 3. Tilawah Al-Quran

Meningkatkan membaca Al-Quran menjadi salah satu ibadah utama di bulan puasa. Sebab, bulan Ramadhan adalah bulan yang amat erat hubungannya dengan Al-Quran.

Baca Juga :
9 Hikmah Puasa Ramadhan untuk Kehipuan. Penting untuk Tingkatkan Takwa!

Pasalnya, di bulan suci inilah Al-Quran diturunkan untuk membimbing manusia. Oleh sebab itu, tadarus maupun tilawah Al-Quran adalah hal yang sangat utama saat itu dan telah menjadi aktivitas utama sejak masa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan generasi terbaik.

Ibnu Abbas radhiallahu 'anhuma dalam sebuah riwayat pernah menceritakan:

"Jibril menemuinya pada tiap malam malam bulan Ramadhan, dan dia (Jibril) bertadarus Al-Quran bersamanya. (H.R. Bukhari No. 3220) 4. Memperpanjang Shalat Malam

Contoh perbuatan baik di bulan Ramadhan yang lain adalah memperpanjang shalat malam. Terutama pada 10 malam terakhir.

Rasulullah SAW tidak tidur, lambung beliau dan para sahabat amat jauh dari tempat tidur. Sebab beliau menghidupkan malam-malam di bulan Ramadhan untuk beribadah, shalat, zikir, dan lain-lain hingga waktu fajar.

Kebiasaan beribadah bulan Ramadhan khususnya saat 10 malam terakhir ditularkan kepada seluruh anggota keluarga beliau untuk sama-sama menikmati kesyahduan beribadah sepanjang malam. Sebagaimana penuturan Aisyah RA,

Rasulullah SAW biasa ketika memasuki 10 Ramadhan terakhir, beliau kencangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh dalam ibadah), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah. (HR. Al-Bukhari dan Muslim). 5. Memberi Makan Orang Berbuka Puasa

Memberi makan orang berbuka juga bisa termasuk sedekah. Namun, amalan ini tentu hanya bisa dilakukan ketika bulan puasa. Maka dari itu, memberi makan orang berbuka puasa termasuk sebagai perbuatan baik yang sangat dianjurkan. Terutama jika ditujukan kepada orang yang kurang mampu.

Di sisi lain, riwayat menegaskan bahwa ibadah paling utama adalah yang dikerjakan di bulan Ramadhan. Rasulullah SAW bersabda:

"Siapa yang memberi berbuka orang puasa, baginya pahala seperti pahala orang berpuasa tadi tanpa dikurangi dari pahalanya sedikitpun." (HR Ahmad, Nasai, dan dishahihkan al-Albani).

Itulah lima contoh perbuatan baik di bulan Ramadhan yang dianjurkan untuk dilakukan. Perbuatan atau amalan baik tersebut diyakini dapat menjadi penyempurna ibadah di bulan Ramadhan.

Original Source

Topik Menarik

{
{