11 Ciri-Ciri Hamil yang Perlu Diketahui, Kadang Tidak Disadari!

11 Ciri-Ciri Hamil yang Perlu Diketahui, Kadang Tidak Disadari!

Gaya Hidup | indozone.id | Selasa, 12 April 2022 - 11:40
share

Segelintir wanita yang sudah berkeluarga, tentu mengharapkan kehadiran sang buah hati. Maka itu, kehamilan menjadi momen yang didambakan dan ditunggu-tunggu.

Kendati demikian, terkadang, ketika wanita memasuki fase kehamilan, Ia tidak menyadari bahwa dirinya tengah hamil. Alasannya karena seringkali tanda-tanda kehamilan muncul tidak sama pada setiap wanita, mengingat bahwa tubuh setiap wanita pasti berbeda.

Maka itu, INDOZONE merangkum beberapa ciri-ciri hamil yang calon Ibu harus ketahui agar bisa merawat kehamilan sedini mungkin. Berikut tanda-tandanya, mulai dari yang umum hingga jarang disadari, seperti dilansir dari nutriclub.co.id.

1. Telat Menstruasi

ciri-ciri hamil
Menstruasi (freepik)

Keterlambatan menstruasi menjadi gejala atau ciri-ciri hamil yang paling umum dihadapi oleh calon Ibu. Telat menstruasi dapat disadari dari adanya kondisi tidak terjadinya menstruasi dalam kurun waktu biasanya.

Jika dalam kondisi demikian, sebaiknya segera melakukan tes uji kehamilan dengan alat tes kehamilan yang dijual secara bebas di apotik atau supermarket.

2. Sering buang air kecil

ciri-ciri hamil
Ilustrasi buang air kecil (Photo/Pinterest/posta)

Perubahan hormon yang terjadi saat hamil membuat calon Ibu sering buang air kecil. Ini disebabkan oleh sirkulasi darah dalam tubuh meningkat dan ginjal bekerja lebih keras sehingga siklus buang air kecil menjadi sering.

3. Mudah Lelah

ciri-ciri hamil
Ilustrasi Tidur (unsplash.com/@all_who_wander)

Hormon progesteron yang meningkat pada Ibu hamil akan membuat calon Ibu cepat lelah. Pada dasarnya, hormon progesteron dikenali tubuh sebagai depresan alami bagi sistem saraf pusat sehingga menyebabkan cepat mengantuk.

Tubuh Ibu juga bekerja lebih keras untuk memompa hormon dan memproduksi darah lebih banyak agar nutrisi janin terpenuhi. Jadi, saat hal ini terjadi, calon Ibu disarankan untuk memperbanyak waktu istirahat dan konsumsi makanan sehat dan bergizi.

4. Mual dan Muntah

ciri-ciri hamil
Ilustrasi Mual (rsud.bulelengkab.go.id)

Mual dan muntah juga dikenal dengan kondisi morning sickness. Lagi-lagi penyebabnya adalah hormon dalam darah yang mengalami perubahan sehingga mengakibatkan rasa sakit pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual hingga muntah.

5. Rasa Aneh di Mulut

ciri-ciri hamil
Ilustrasi rasa aneh di mulut (freepik/mkitina4)

Ciri-ciri hamil selanjutnya adalah munculnya rasa aneh di mulut. Perubahan hormon juga mempengaruhi indera perasa dan penciuman.

Jadi, mulut terasa seperti rasa logam sehingga membuat calon Ibu tidak menyukai makanan tertentu dan mulai menyesuaikan pola makan baru.

6. Payudara Berubah dan Keram Perut

ciri-ciri hamil
Ilustrasi payudara membengkak dan keram perut (freepik/asier_relampag)

Perubahan pada payudara calon Ibu dan rasa keram di perut juga menjadi tanda-tandahamil. Ukuran payudara Ibu hamil biasanya akan membesar dan terasa lebih berat, sakit, dan nyeri bila dipegang.

Selain itu, area puting juga akan melebar dan berubah menjadi coklat kehitaman. Perubahan payudara ini menjadi tanda-tanda hamil bahwa sang Ibu dipersiapkan untuk memproduksi ASI si buah hati nanti.

Selain payudara, Ibu hamil juga akan mengalami keram perut. Keram ini terkadang disalahartikan menjadi sakit perut haid, padahal ini adalah tanda kehamilan. Tak hanya itu, Ibu hamil juga sering merasa begah di awal-awal kehamilan.

7. Flek atau Bercak Merah Muda

ciri-ciri hamil
Flek pada Ibu hamil (Photo/Pinterest/samvirke.dk)

Di minggu ke 3 atau 4 kehamilan, Ibu hamil akan mengalami flek atau keluarnya bercak darah.

Perbedaan darah menstruasi dan darah ciri-ciri hamil adalah bercak darah kehamilan biasanya berwarna lebih muda dan lebih sedikit daripada darah menstruasi.

Bercak darah tanda hamil atau yang disebut juga dengan pendarahan implantasi umumnya terjadi saat sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan dinding rahim.

8. Perubahan Mood dan Rambut Rontok

ciri-ciri hamil
Ilustrasi perubahan mood (photo/freepik/diana.grytsku)

Seperti diketahui bahwa hormon estrogen dan progesteron yang meningkat, ini menyebabkan perubahan mood pada Ibu hamil meningkat. Maka itu, tak asing lagi jika Ibu hamil menjadi lebih sensitif dari biasanya.

Selain berubahnya mood, rambut rontok juga menjadi ciri-ciri kehamilan. Berdasarkan American Pregnancy Association, Ibu hamil akan mengalami rambut rontok sekitar 40 hingga 50 persen. Ini karena adanya perubahan hormon dan gizi.

Maka itu, Ibu hamil sering memotong rambut.

9. Perubahan Suhu Tubuh

ciri-ciri hamil
Perubahan suhu tubuh (Photo/Pinterest/mother.ly)

Ciri-ciri kehamilan berikutnya adalah perubahan suhu tubuh. Suhu tubuh Ibu hamil biasanya meningkat. Namun, kondisi ini bukan berarti Ibu hamil mengalami demam.

10. Perubahan Nafsu Makan

ciri ciri hamil
Ilustrasi perubahan nafsu makan (pexels/@olly)

Bukan hal yang mengherankan jika Ibu hamil cepat mengalami lapar. Hal ini karena adanya janin yang butuh untuk dipenuhi nutrisinya. Jadi, jika calon Ibu dalam kondisi ini, bisa menjadi ciri Ibu hamil.

11. Mengalami Berbagai Sakit

ciri ciri hamil
Ilustrasi sakit kepala (pexels/@liza-summer)

Tak jarang, Ibu hamil mengalami beberapa kondisi sakit, seperti sembelit di perut, sakit kepala, mimisan, hingga sakit pinggang bagian belakang. Jika Ibu hamil mengalami beberapa kondisi tersebut, bisa jadi sedang mengalami tanda-tanda kehamilan.

Ibu hamil hanya perlu waspada jika mengalami kondisi ini karena saat stress atau kondisi tubuh tidak prima juga bisa mengalami hal demikian.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri hamil yang perlu kamu ketahui. Dari beberapa hal tersebut, kamu bisa mulai menelaah kondisi badan kamu yang sedang menunggu sang buah hati hadir.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik