Ribuan Warga Kabupaten Bandung Serbu Job Fair, Berebut 600 Lowongan Kerja

Ribuan Warga Kabupaten Bandung Serbu Job Fair, Berebut 600 Lowongan Kerja

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 11 April 2022 - 23:12
share

BANDUNG, iNews.id - Ribuan warga menyerbu kegiatan Job Fair yang digelar di kawasan Mall Pelayanan Publik (MPP), Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (11/4/2022). Para pencari kerja itu antre mendaftar untuk mendapatkan 600 lowongan pekerjaan yang tersedia dalam kegiatan yang digelar Pemkab Bandung melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bandung itu.

Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengatakan, kegiatan Job Fair yang dilaksanakan hingga Selasa (12/4/2022) besok itu diikuti oleh 20 perusahaan. Dari 20 perusahaan tersebut, terbuka 600 lowongan kerja, kata Bupati Bandung saat membuka kegiatan.

Menurut Dadang, melalui Job Fair, Pemkab Bandung ingin memfasilitasi pihak perusahaan dan pencari kerja yang sekaligus bertujuan untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Bandung.

Pihaknya menargetkan, tahun ini, sedikitnya 40.000 pengangguran dari total 140.000 pengangguran di Kabupaten Bandung dapat terserap dunia kerja. Saya akan terus melakukan berbagai upaya untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Bandung, kata Dadang Supriatna.

Kegiatan Job Fair, tutur Bupati Bandung, juga menjadi rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-381 Kabupaten Bandung. Selain Job Fair, tambah Dadang, pihaknya juga menggelar Bazar Ramadhan dan Launching Pelayanan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Sebanyak 20 perusahaan membuka lowongan kerja, 120 UMKM mengikuti bazar murah, dan ratusan pengusaha yang mendaftarkan untuk pelayanan NIB, tutur Bupati Bandung.

Kang DS, sapaan akrab Bupati Bandung, berharap, dengan kegiatan yang terselenggara berkat kerja sama sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Bandung itu, angka pengangguran di Kabupaten Bandung dapat terus ditekan.

Saya optimistis, dengan meningkatkan kebersamaan di antara OPD terkait, angka pengangguran di Kabupaten Bandung bisa berkurang secara optimal, ucap Kang DS.

Selain menekan angka pengangguran, pihaknya pun berharap kegiatan tersebut mampu mendongkrak perekonomian warga Kabupaten Bandung. Sangat optimis bisa. Maka dari itu, saya minta kepada OPD terkait untuk meningkatkan komunikasi, kebersamaan, agar perekonomian masyarakat meningkat, ujarnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bandung Marlan mengatakan, sekitar seribuan warga tercatat menyerbu kegiatan itu. Mereka berasal dari berbagai kalangan dan umumnya merupakan korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

Mereka umumnya korban PHK akibat dampak pandemi COVID-19. Mereka berusaha mendapatkan pekerjaan baru. Job Fair ini bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan lapangan kerja, kata Marlan. AGUNG BAKTI

Topik Menarik