Loading...
Loading…
Kapan Malam Lailatul Qadar 2022? Inilah Petunjuk Al-Quran dan Hadis

Kapan Malam Lailatul Qadar 2022? Inilah Petunjuk Al-Quran dan Hadis

Gaya Hidup | indozone.id | Senin, 11 April 2022 - 17:44

Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa, karena di dalamnya terdapat keistimewaan, salah satunya yaitu adanya malam lailatul qadar.

Lailatul qadar merupakan malam pertama kalinya ayat Al-Quran diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.

Itulah sebabnya, malam lailatul qadar disebut dalam Al-Quran sebagai malam yang lebih baik dari 1.000 bulan.

Karena sangat istimewa, umat Muslim tentu saja bertanya-tanya kapan malam lailatul qadar akan terjadi di tahun ini.

Indozone punya prediksi kapan malam lailatul qadar 2022 akan terjadi dan jatuh di tanggal berapa berdasarkan petunjuk hadis dan Al-Quran di bawah ini. Kapan Malam Lailatul Qadar? Ilustrasi kapan malam lailatul qadar (unsplash/@idevid)

Dalam bahasa Arab, lailatul qadar berasal dari kata lailat Al-Qadar yang artinya malam ketetapan.

Ketetapan yang dimaksud adalah ketetapan perjalanan hidup manusia yang dikenal dengan istilah Qadar.

Malam lailatul qadar ini hanya terjadi di bulan Ramadhan setiap tahunnya selama satu malam lamanya.

Kapan malam lailatul qadar akan terjadi memang tidak disebutkan secara mutlak, namun Al-Quran telah memberikan penjelasan mengenai lailatul qadar.

Baca Juga :
Lailatul Qadar, Pengertian, Makna

Menurut kitab Shahih Al-Bukhari, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda mengenai waktu lailatul qadar yang berbunyi:

"Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan." (HR. Bukhari Nomor 2017)

Oleh karena itu, Rasulullah SAW selalu beriktikaf pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan demi meraih kemuliaan malam lailatul qadar.

Berdasarkan sabda Rasulullah tersebut, maka kapan malam lailatul qadar 2022 dapat diprediksi jatuh pada sepuluh hari terakhir Ramadhan, yaitu pada tanggal: Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar Ilustrasi malam lailatul qadar kapan (unsplash/@spencerarquimedes)

Meski sangat dinantikan, nyatanya hanya sedikit umat Muslim yang memperoleh keistimewaan malam lailatul qadar.

Sebagai upaya dalam meraih kemuliaan malam lailatul qadar, ada beberapa ciri-ciri malam lailatul qadar yang perlu diketahui umat Muslim, di antaranya:

1. Suasana malam yang tenang

Menurut hadis yang diriwayatkan Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda bahwa malam lailatul qadar ditandai dengan suasana yang tenang.

Baca Juga :
Kapan Malam Lailatul Qadar, Begini Rumus Imam Al Ghozali Mencari Malam Kemuliaan

"Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan nampak kemerah-merahan."

Artinya, suasana ketika malam lailatul qadar memiliki udara dan angin yang tenang dari malam hari hingga menjelang datangnya fajar.

2. Langit terlihat bersih

Berdasarkan pada dalil hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Mu'jam at-Thabari al-Kabir, disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Malam lailatul qadar itu langit bersih, udara tidak dingin atau panas, langit tidak berawan, tidak ada hujan, bintang tidak nampak, dan pada siang harinya matahari bersinar tidak begitu panas." (HR. Ahmad)

3. Matahari pagi tidak menyengat

Setelah malam lailatul qadar terjadi, maka matahari keesokan paginya juga tidak akan terlalu menyengat, sebagaimana dari Ubaiy bin Ka'ab, Rasulullah bersabda:

"Pagi hari dari malam lailatul qadar, terbit matahari tidak menyengat bagaikan bejana, sampai meninggi." (HR. Muslim, Ahmad, Tirmidzi, dan Abu Daud)

4. Malaikat turun membawa ketenangan

Pada malam lailatul qadar, malaikat akan turun ke bumi dengan membawa ketenangan, seperti yang tercantum pada Al-quran surat Al-Qadar ayat 3 dan 4:

"Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan." (QS. Al-Qadar: 3-4)

5. Terjadi pada malam ganjil

Malam lailatul qadar terjadi pada malam ganjil, terhitung dari 10 hari terakhir bulan Ramadhan, yaitu pada malam ke-21, 23, 25, 27, sampai 29.

Meski demikian, umat Muslim yang ingin mendapatkan malam lailatul qadar dianjurkan para ulama agar terus memperbanyak ibadah selama bulan Ramadhan.

Tujuannya, agar Allah SWT menjatuhkan pilihan-Nya kepada orang-orang beriman yang telah beribadah dengan sungguh-sungguh tanpa mencari kapan malam lailatul qadar akan terjadi.

Itulah penjelasan mengenai kapan malam lailatul qadar 2022 akan terjadi di bulan Ramadhan 1443 Hijriyah lengkap dengan ciri-ciri malam lailatul qadar. Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik

{
{
{