Cara Baca Idgham Mutaqaribain Kabir yang Benar

Cara Baca Idgham Mutaqaribain Kabir yang Benar

Gaya Hidup | inewsid | Senin, 11 April 2022 - 16:45
share

JAKARTA, iNews.id - Cara baca Idgham Mutaqaribain Kabir sesuai kaidah ilmu tajwid penting diketahui agar bisa membaca Al Quran dengan benar. Idgham Mutaqaribain Kabir ini merupakan salah satu bagian dari hukum idgham dalam ilmu tajwid.

Dilansir dari Buku Panduan Tajwid Lengkap kelas VIII MTs karangan Aceng Kosim dijelaskan bahwa, idgham menurut bahasa artinya memasukkan atau melebur huruf.

Menurut istilah idgham berarti pengucapan dua huruf seperti dua huruf yang ditasydidkan. Sedangkan Mutaqaribain artinya berdekatan. Dinamakan kabir (besar) karena terdapat dalam Al Quran dalam jumlah besar dan karena harakat jumlahnya lebih banyak dari sukun.

Idgham mutaqaribain kabir menurut istilah artinya apabila dua huruf bertemu dan keduanya berharakat.

Dalam Kitab Tuhfatul Athfal dijelaskan : "jika kedua hurufnya berharokat pada semua jenis (Mitslain, Mutaqariain,Mutajanisain) maka disebut dengan Kabir dan fahamilah yang kabir itudengan mengambil contoh (talaqqy)".

Cara Baca Idgham Mutaqaribain yang Benar

Cara baca Idgham Mutaqaribain yang benar sesuai kaidah ilmu tajwid yakni wajib dibaca idzhar (jelas). Menurut para ulama qiroat, di antarnya Imam As-Sakhowi menjelaskan penggunaan Idghom Kabir hanya dalam Qiroat imam Abu Amr Al-Bashri Riwayat As-Susi.

Sedangkan kebanyakan di Indonesia mengikuti Imam Ashim Riwayat Hafs yang menyatakan Idgham Mutaqaribain Kabir dibaca Idzhar bukan Idgham.

Dalam bacaan riwayat Imam Hafsh dari Imam Ashim, Idgham mutaqaribain hanya berlaku pada huruf-huruf berikut:

1. Huruf Qaf () sukun bertemu kaf ()
2. Huruf Lam () sukun bertemu Ra ()
3. Huruf Lam () Ta\'riif bertemu dengan Huruf Ta (), Tsa () Dal (), Dzal (), Ra (), Zai (), Sin (), Syin (), Shad (), Dhadh (), Tha (), zha (), Nun ()

3. Huruf Nun () sukun bertemu Ya (), Mim ( ), Wawu (), Lam (), Ra ()

Berikut Contoh idgham mutaqaribain kabir dalam Al Quran:

1. Surat Al Buruj ayat 13

Innahu huwa yubdiu wa yu\'iid

Penjelasan: Kedua huruf di atas yakni huruf Ha sama-sama menyandang harokat. Menurut Imam Hafsh cara membacanya juga harus idzhar dan tidak boleh diidghamkan.

2. Surat Al Baqarah ayat 190

Waqtuluuhum haitsu tsaqiftumuuhum.

Penjelasan: Kedua huruf di atas yakni huruf Tsa sama-sama menyandang harokat. Menurut Imam Hafsh cara membacanya juga harus idzhar dan tidak boleh diidghamkan.

3. Surat Al Baqarah Ayat 131

Latin: Idz Qaala lahu rabbuhu aslim Qaala aslamtu lirabbil \'aalamiin

(Ingatlah) ketika Tuhan berfirman kepadanya (Ibrahim), Berserahdirilah! Dia menjawab, Aku berserah diri kepada Tuhan seluruh alam.
Penjelasan: perhatikan ada dua huruf Lam yang sama-sama hidup karena berharokat.

4. Surat Al Baqarah Ayat 200

Latin: Fa idzaa qadhaitum manaasikakum fadzkurullaaha kadzikrikum aabaaa akum auw asyadda dzikraa

Penjelasan: Kedua huruf di atas yakni huruf Kaf sama-sama menyandang harokat. Menurut Imam Hafsh cara membacanya juga harus idzhar dan tidak boleh diidghamkan.

5. Surat Ad Duha Ayat 7-8

Wawajadaka dhaaallan fahadzaa

-

Wawajadaka \'aaa ilan fa aghnaa
Penjelasan: Kedua huruf di atas yakni wawu sama-sama menyandang harokat. Menurut Imam Hafsh cara membacanya juga harus idzhar dan tidak boleh diidghamkan.

6. Surat Al Fatihah

.

Latin: Ar Rahmaanir Rahiimi maaliki yaumid diin

Jika diwashal atau disambung bacaannya menjadi ar rahmaanir rahiimi maaliki yaumid diin.

Penjelasan: Kedua huruf di atas yakni mim sama-sama menyandang harokat. Menurut Imam Hafsh cara membacanya juga harus idzhar dan tidak boleh diidghamkan.

Demikian pembahasan mengenai cara baca idgham mutaqaribain yang benar dalam Al Quran disertai pengertian, hukum bacaan dan cara bacanya.

Wallahu A\'lam

Topik Menarik