75 Kata-Kata Motivasi Hidup Penuh Makna dan Bangkitkan Semangat

75 Kata-Kata Motivasi Hidup Penuh Makna dan Bangkitkan Semangat

Gaya Hidup | indozone.id | Senin, 11 April 2022 - 15:53
share

Dalam hidup, sering kali kita dihadapkan dengan berbagai masalah dan cobaan bertubi-tubi yang membuat kita kehilangan semangat.

Belum lagi perasaan menyesal, bersalah, dan merasa tak berguna yang terus menghantui hari demi hari.

Saat mengalami momen tersebut, tentu kita membutuhkan dukungan, salah satunya dengan membaca kata-kata motivasi.

Kata-kata motivasi hidup yang penuh makna mampu menyemangati diri untuk terus mencari solusi dan tak pernah lelah mencoba kembali.

Kata-Kata Motivasi Hidup

kata kata motivasi hidup
Ilustrasi orang yang kehilangan motivasi hidup (unsplash/@christnerfurt)

Bagi kamu yang sedang kecewa, putus asa, atau kehilangan harapan, kata kata motivasi hidup niscaya dapat membantu kamu bangkit dari kegagalan atau keterpurukan yang tengah kamu alami.

  1. Tidak ada perjuangan tanpa rasa sakit, tapi percayalah sakitnya sementara dan bahagia akan terasa selamanya.

  2. Seberat apapun beban masalah yang kamu hadapi saat ini, percayalah bahwa semua itu tidak pernah melebihi batas kemampuan kamu.

  3. Jangan menyerah, kamu sudah berjuang. Kamu sudah berusaha keras, hasilnya pasti terbayarkan walaupun bukan sekarang.

  4. Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain. Bandingkan diri kamu dengan pribadi yang kemarin.

  5. Hal yang berat dalam hidup ini adalah memulai sesuatu. Namun, yang tidak kalah berat yakni berusaha kontinu melakukan usahanya.

  6. Ketika kamu ingin menyerah, lihatlah ke belakang dan kemudian ketahui seberapa jauh kamu telah berusaha untuk meraih tujuanmu.

  7. Saat kita masih diberi kesempatan bangun di pagi hari, itu berarti Tuhan masih memberi kesempatan kepada kita untuk melakukan pekerjaan yang harus kita lakukan.

  8. Jangan pernah takut dengan perubahan. Kita mungkin akan kehilangan sesuatu yang baik. Namun, sebagai gantinya, sesuatu yang jauh lebih baik akan datang menjemput kita.

  9. Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan berarti tidak pernah mencoba sesuatu yang baru. Albert Einstein

  10. Kamu hanya hidup sekali, tetapi jika kamu melakukannya dengan benar, maka sekali saja sudah cukup. Mae West

  11. Tetap semangat dan jangan mudah putus asa, sebab kita tidak tahu, mungkin langkah selanjutnya adalah kunci dari keberhasilan kita.

  12. Sukses bukanlah akhir, kegagalan bukanlah fatal, yang terpenting adalah keberanian untuk melanjutkan. Winston S. Churchill

  13. Gagal itu makanan sehari-hari. Itu biasa, yang penting bagimana kamu menyikapinya. Evaluasi. Bangkit. Gagal lagi? Bangkit lagi! Chairul Tanjung

  14. Kesuksesan bersumber dari perbuatan. Orang yang sukses terus melakukan usaha. Orang sukses bahkan membuat kesalahan, namun mereka tidak berhenti usaha. Cobrad Hilton

  15. Pengalaman adalah guru yang keras, di mana ujian diberi terlebih dulu baru disusul pelajaran. Bukan sebaliknya. Vernon Sanders Law

Kata Mutiara Kehidupan

kata-kata motivasi hidup
Ilustrasi orang yang kekurangan motivasi hidup (unsplash/@ivalex)

Untuk mengembalikan semangat dalam menjalani kehidupan, tak ada salahnya meresapi kata mutiara kehidupan yang menyentuh hati. Sehingga kamu tidak mudah menyerah menghapi berbagai rintangan yang ada.

  1. Sebelum bicara, mendengarlah. Sebelum menyerah, mencobalah. Sebelum menulis, berpikirlah. Sebelum istirahat, bekerjalah.

  2. Waktu dalam hidupmu terbatas, maka jangan habiskan waktumu untuk hal-hal yang tidak berguna dan terkadang merugikan dirimu.

  3. Masalah memang terkadang menghancurkan kebahagiaanmu, tetapi akan membuat dirimu semakin kuat.

  4. Jika putus asa dan ingin menyerah, jangan memaksa untuk terus bergerak. Tapi paksalah hati dan pikiran anda untuk menemukan tujuan baru.

  5. Jangan mempersulit hidupmu dengan mencampuri urusan pribadi orang lain, perbaiki dirimu sendiri terlebih dahulu.

  6. Jangan khawatir membuat kemajuan yang lambat. Khawatirlah ketika kamu tidak membuat pergerakan.

  7. Paksa dirimu untuk lebih disiplin setiap harinya karena tidak ada kesuksesan tanpa perjuangan. Perjuanganmu untuk sukses akan terbayarkan dengan hasil dan kebahagiaan yang kamu tunggu-tunggu.

  8. Hidup memang tak mudah, tapi jika kamu terus berjuang tanpa lelah, akhir yang indah akan selalu menunggu untuk kamu sapa.

  9. Hal-hal baik datang kepada orang-orang yang menunggu, tetapi hal-hal yang luar biasa datang kepada mereka yang berusaha meraihnya.

  10. Disiplin memang tidak mudah, tapi tanpa kedisiplinan hidup akan jauh lebih sulit.

  11. Kerja keras dan kerja cerdas dapat memastikan keberhasilan dan sedekah dapat memudahkannya.

  12. Keputusan yang baik diperoleh dari pengalaman, dan pengalaman didapat dari keputusan yang buruk.

  13. Untuk merasakan kebahagiaan tidak perlu uang yang banyak, cukup berteman dengan rasa syukur dan menikmati hidup apa adanya.

  14. Menjalani dan menikmati hidup dengan apa adanya dan penuh rasa bersyukur membuat hati menjadi tenang.

  15. Hidup akan terasa sempurna bagi mereka yang pandai bersyukur dan menikmati hidup apa adanya.

Kata-Kata Motivasi Islami

kata kata motivasi islami
Ilustrasi orang yang membutuhkan kata kata motivasi (unsplash/@yosipri)

Terkadang, segala masalah dan cobaan dapat diatasi dengan menengadahkan tangan di hadapan Yang Maha Kuasa, disertai dengan membaca kata-kata motivasi Islami tentang kehidupan di dunia yang fana.

  1. Lelahmu akan berubah manis ketika niatnya lillah karena Allah.

  2. Takdir itu milik Allah, namun usaha dan doa adalah milik kita.

  3. Jika kamu belajar dari kegagalan, maka kamu tidak akan pernah gagal.

  4. Takkan pernah ada yang senantiasa bersamamu dalam setiap situasi, kecuali Allah.

  5. Semakin kamu menyerahkan semua urusanmu kepada Allah, maka semakin tenang hatimu.

  6. Jangan putus asa, karena tak ada ujian yang bersifat selamanya. Jangan lelah mengadu, hanya Allah yang mampu menenangkanmu.

  7. Berdoa itu ibadah, dikabulkan itu hadiah. Belum dikabulkan berarti pahala berlimpah. Jadi jangan pernah menyerah untuk berdoa kepada Allah.

  8. Apapun yang terjadi dalam hidupmu yakinlah bahwa semuanya adalah kehendak dan rencana Allah untuk kebahagiaanmu.

  9. Mengapa semua butuh proses? Karena di setiap proses terdapat pembelajaran. Jika dipercepat, Allah ingin kita bersyukur. Jika diperlambat, Allah ingin kita bersabar.

  10. Allah mengetahui kata-kata yang tidak bisa kau ucapkan, kesedihan yang tak seorang pun mampu melihatnya dan sakit yang siapa pun tidak mengetahuinya. Angkat kepalamu, pertolongan-Nya begitu dekat.

  11. Kegagalan adalah cara Allah untuk mengatakan bersabarlah karena aku memiliki sesuatu yang lebih baik untukmu saat waktunya tiba.

  12. Jangan merasa bahwa rencanamu paling hebat karena sehebat apa pun rencanamu, jika menurut Allah itu tidak baik, maka Allah tidak akan merestui.

  13. Jika ada orang yang menjatuhkanmu bangkitlah karena Allah. Jangan putus asa hanya karena manusia. Jangan menyerah hanya karena urusan dunia, ingat ada Allah. Dia Maha Segalanya. Mohonlah pertolongan pada-Nya.

  14. Ikhlas itu seperti surat Al-Ikhlas, yang tidak ada kata ikhlas di dalamnya. Selama ikhlas masih terucap, itu berarti belum ikhlas karena dia yang ikhlas, senantiasa berbuat tanpa pernah menyebut keikhlasannya.

  15. Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. QS. Al Baqarah: 216

KataMotivasi Hidup Bahasa Inggris

kata kata motivasi
Ilustrasi orang yang memerlukan kata kata motivasi (unsplash/@franciscomoreno)

Katamotivasi hidup dalam bahasa Inggris yang berasal dari kutipan tokoh-tokoh dunia, juga bisa kamu andalkan untuk menenangkan dirimu ketika terpuruk sekaligus menyemangatimu untuk melanjutkan hidup.

  1. If everything was perfect, you would never learn and you would never grow. Beyonce (Jika semuanya berjalan sempurna, kamu tidak akan belajar dan tidak pernah berkembang.)

  2. Success and failure are both part of life. Both are not permanent. (Kesuksesan dan kegagalan, keduanya adalah bagian dari hidup. Dan keduanya hanyalah sementara.)

  3. If you\'re brave enough to say goodbye, life will reward you with a new hello. Paulo Ceolho. (Jika kamu cukup berani mengatakan \'selamat tinggal\', kehidupan akan menghadiahimu dengan pertemuan yang baru.)

  4. It always seems imposibble until it\'s done. Nelson Mandela (Suatu hal pada awalnya akan terlihat tidak mungkin, sampai akhirnya kamu selesai melakukannya.)

  5. Don\'t stop when you are tired. Stop when you are done. (Jangan berhenti ketika kamu lelah. Berhentilah ketika kamu sudah selesai.)

  6. If it was easy, everybody could do it. (Kalau semuanya mudah, pasti semua orang bisa melakukannya.)

  7. When you feel like quitting, remember why you started. (Saat kamu berpikir untuk menyerah, ingatlah kembali mengapa kamu memulainya.)

  8. Build your own dreams, or someone else will hire you to build theirs. (Bangun impian kamu sendiri, atau orang lain akan mempekerjakan kamu untuk membangun impian mereka.)

  9. If you want live a happy life, tie it to a goal, not to people or things. Albert Einstein (Jika kita ingin menjalani hidup dengan baik, gantungkan hidupmu pada tujuan, bukan bergantung pada manusia ataupun sesuatu.)

  10. Nothing is impossible. Anything can happen as long as we believe. (Tidak ada yang mustahil. Semua bisa terjadi asalkan kita percaya.)

  11. Enjoy difficulties. Because of the difficulties behind it must be easy. (Nikmatilah kesulitan. Karena dibalik kesulitan itu pasti ada kemudahan.)

  12. The strongest people are not those always win, but they were still going when they crashed. (Orang terkuat bukan mereka yang selalu menang, melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh.)

  13. Not all the things that you worry could happen in your life. Stop worrying about something, because worries make you more afraid to do everything. (Tidak semua hal yang kamu khawatirkan bisa terjadi di dalam kehidupan. Berhenti khawatir terhadap sesuatu, karena kekhawatiran membuat kamu makin takut untuk mencoba.)

  14. Do not ever give up, the beginning is always the hardest. (Jangan pernah menyerah, karena memulai selalu menjadi hal yang tersulit.)

  15. If we never try, we will never know. (Jika kita tidak pernah mencoba, maka kita tidak akan pernah tahu.)

Kata-Kata Motivasi Tentang Kehidupan

kata motivasi hidup
Ilustrasi orang yang mencari kata motivasi hidup (unsplash/@fzeo)

Agar tak berlarut-larut mengutuk keadaan, ada baiknya kamu membaca kata-kata motivasi tentang kehidupan yang penuh makna. Dengan begitu, hatimu kembali lapang dan beban di pundakmu menjadi berkurang.

  1. Maafkan diri sendiri. Jangan menyesali kesalahan. Memaafkan menyembuhkan hati dan mendamaikan diri.

  2. Hidup tidak pernah lepas dari masalah karena masalah adalah salah satu cara Tuhan menjadikanmu pribadi yang lebih kuat dan dewasa.

  3. Cintai apapun yang ada di dunia dengan benar karena apapun yang ada di dunia tidak ada yang abadi.

  4. Belajar memahami bahwa tidak semua keinginan bisa terpenuhi adalah obat terbaik untuk mencegah kekecewaan dan sakit hati.

  5. Kita tidak selalu mendapatkan apa yang kita inginkan, tapi percayalah, Tuhan memberikan apa yang kita butuhkan.

  6. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Apa yang kamu inginkan pasti bisa kamu dapatkan dari kesabaran, usaha, dan keikhlasan dalam berdoa.

  7. Jangan berdoa agar hidup jadi lebih mudah. Berdoalah agar kamu jadi lebih kuat. Bruce Lee

  8. Lakukan sesuatu yang membuat dirimu di masa depan berterima kasih pada dirimu yang sekarang. Sean Patrick Flanery

  9. Begitu kamu mengganti pikiran negatif dengan pikiran positif, kamu akan mulai mendapatkan hasil yang positif. Willie Nelson

  10. Disiplin memang tidak mudah, tapi tanpa kedisiplinan hidup Anda akan jauh lebih sulit.

  11. Jangan menyerah. Hal-hal besar membutuhkan waktu. Bersabarlah.

  12. Berharaplah yang terbaik, dan usahakanlah yang terbaik. Harapan tanpa usaha, biasanya adalah perjalanan yang lama dan tak kunjung sampai.

  13. Ketika dalam sebuah perjuangan terdapat tantangan yang besar, berarti keberhasilan yang menanti juga lebih besar.

  14. Dalam perjuangan, terkadang engkau sukses, dan terkadang engkau belajar, bukan gagal.

  15. Semakin sulit sebuah perjuangan, semakin indah saat saat mencapai kemenangan.


Nah, itulah kumpulan kata-kata motivasi hidup yang penuh makna dan bikin semangat lagi. Mana nih kata-kata motivasi yang paling mewakili keadaanmu?

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik