Loading...
Loading…
Seperti Bangunan di Spanyol, Benarkah Masjid di Malang Ini Dibangun dalam Semalam?

Seperti Bangunan di Spanyol, Benarkah Masjid di Malang Ini Dibangun dalam Semalam?

Gaya Hidup | netralnews.com | Senin, 11 April 2022 - 10:21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kota Malang adalah salah satu kota favorit di Jawa Timur yang menjadi tujuan para wisatawan. Tidak hanya terkenal dengan wisata wahana dan pantai, Malang juga memiliki deretan wisata religi yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah Masjid Tiban.

Masjid Tiban terletak di dalam Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri\' Asali Fadlaailir Rahman. Masjid yang megah ini berada di antara pemukiman penduduk yang cukup padat.

Dilihat dari arsitektur bangunannya, Masjid Tiban sangatlah unik dengan dominasi ornamen berwarna biru dan putih. Terdapat pula kaligrafi yang menghiasi seluruh dinding masjid. Masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur dari tiga kebudayaan, yaitu Timur Tengah, China, dan modern.

Dinding masjid yang didominasi dengan ukiran kaligrafi dan keramik sangat mirip dengan obyek wisata di Spanyol karya seniman Antoni Gaudi, yaitu Park Guell.

Menurut mitos yang beredar, Masjid Tiban dibangun dalam semalam oleh kekuatan pasukan jin. Waktu yang cukup singkat untuk membangun masjid ini melatar belakangi nama Tiban dalam bahasa Jawa yang artinya tiba-tiba ada.

Namun, mitos tersebut tidak benar adanya. Masjid Tiban ini ternyata dibangun dalam kurun waktu hingga 10 tahun dan tidak tiba-tiba ada di sana.

Masjid Tiban dibangun sejak 1978 oleh pendirinya, yaitu KH. Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam. Masjid tersebut dibangun dengan gotong-royong oleh 325 santri dan menggunakan dana dari hasil donasi para jamaah serta orang tua santri.

Terlepas dari semua mitos yang ada, Masjid Tiban menjadi ikon wisata religi yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Kota Malang. Setiap sisi masjid memiliki keunikan tersendiri dengan banyak ruangan yang bisa Anda jelajahi.

Masjid ini menjulang tinggi hingga 10 lantai. Ada fasilitas yang berbeda di masing-masing lantai seperti toko souvenir di lantai atas yang bisa Anda kunjungi untuk membeli oleh-oleh.

Ada juga halaman yang cukup luas dengan kolam kecil, area parkir, kamar mandi, dan tentunya ruang sholat yang luas untuk para jamaah.


Original Source

Topik Menarik

{
{
{