Loading...
Loading…
Ilmuwan Berhasil Temukan Bagian Tubuh Terbaru Manusia, Bersembunyi di Paru-paru

Ilmuwan Berhasil Temukan Bagian Tubuh Terbaru Manusia, Bersembunyi di Paru-paru

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Okezone | Senin, 11 April 2022 - 09:32

JAKARTA - Sejumlah ilmuwan berhasil menemukan jenis sel baru yang bersembunyi di dalam lorong paru-paru manusia, teksturnya halus dan bercabang.

Disadur dari Live Science, Senin (11/4/2022), sel-sel yang baru ditemukan ini, disebut memainkan peran penting dalam menjaga sistem pernapasan agar berfungsi dengan baik.

Bahkan, dinilai dapat menginspirasi pengobatan baru untuk membalikkan efek penyakit tertentu yang berhubungan dengan merokok.

Sel-sel ini, dikenal sebagai respiratory airway secretory (RAS), ditemukan di bagian kecil yang bercabang pada paru-paru, dipahami sebagai bronkiolus, ia berujung dengan alveoli, kantung udara kecil yang menukar oksigen dan karbon dioksida dengan aliran darah.

Sel RAS ini dianggap mirip dengan sel punca, sel yang dapat berdiferensiasi menjadi jenis sel lain di dalam tubuh, dan mampu memperbaiki sel alveoli yang rusak dan berubah menjadi sel baru.

Para peneliti, menemukan sel RAS setelah mengadapi keterbatasan dengan mengandalkan paru- paru tikus sebagai model untuk sistem pernapasan manusia.

Namun, karena perbedaan tertentu antara keduanya, para ilmuwan telah berusaha untuk mengisi beberapa kesenjangan pengetahuan tentang paru-paru manusia.

Guna mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan ini pada tingkat sel, tim mengambil sampel jaringan paru-paru dari donor manusia yang sehat dan menganalisis gen dalam sel individu, dan mengungkapkan sel RAS yang sebelumnya tidak diketahui.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{