BNPB: 105 Unit Rumah dan 394 Warga Terdampak Banjir di Kota Medan

BNPB: 105 Unit Rumah dan 394 Warga Terdampak Banjir di Kota Medan

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 10 April 2022 - 12:56
share

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat bahwa ratusan rumah dan warga terkena dampak banjir yang melanda Kota Medan, Sumatera Utara. Banjir yang terjadi pada Jumat (8/4/2022) itu sampai saat ini masih terjadi.

"Dua kelurahan itu yaitu Kelurahan Aur dan Sei Mati. Sebanyak 112 KK atau 394 warga di dua kelurahan tersebut terdampak banjir pada Jumat (8/4) malam, sekitar pukul 21.00 WIB. Kerugian tercatat 105 unit rumah terdampak banjir dengan tinggi muka air 20 hingga 120 cm, saat banjir berlangsung," Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul dalam keterangannya dikutip, Minggu (10/4/2022).

Abdul menyebut banjir disebabkan hujan deras dan meluapnya Sungai Deli. "Banjir terjadi setelah hujan deras di kawasan hulu sehingga debit air Sungai Deli meluap," ujarnya.

Ketika peristiwa ini terjadi, petugas BPBD melakukan patroli dan memberikan imbauan kepada warga untuk tetap waspada dan siaga. Pihaknya juga terus memonitor perkembangan cuaca dari BMKG sehingga antisipasi terhadap bahaya hidrometeorologi dapat dilakukan sejak dini.

Sejumlah peralatan telah disiagakan oleh petugas gabungan yang mendirikan pos komando di Gedung Dharma Wanita.

Topik Menarik