BEM SI dan BEM Nusantara Tak Gelar Aksi Demonstrasi Bersama pada 11 April, Ini Alasannya

BEM SI dan BEM Nusantara Tak Gelar Aksi Demonstrasi Bersama pada 11 April, Ini Alasannya

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 9 April 2022 - 22:23
share

JAKARTA - Aliansi badan eksekutif mahasiswa seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar aksi demonstrasi pada 11 April 2022 mendatang. Akan tetapi, ajakan aksi massa pada 11 April tersebut tidak diikuti oleh aliansi BEM Nusantara lantaran adanya perbedaan isu yang diusung oleh dua kelompok mahasiswa tersebut.

Koordinator bidang Media BEM SI, Luthfi Yufrizal menjelaskan sebenarnya tidak ada perbedaan antara BEM SI dengan BEM Nusantara. Bagi Luthfi, kedua aliansi tersebut sama-sama mengusung kepentingan rakyat.

"Kita tidak berbeda jauh antarkeduanya. Kedua aliansi berisikan kampus-kampus di dalamnya, kita masih tetap sama untuk memperjuangkan hak-hak rakyat," ujar Luthfi kepada MNC Portal saat dihubungi via pesan singkat, Sabtu (9/4/2022).

Lutfhi juga menekankan secara bentuk, baik aliansi BEM SI dan BEM Nusantara terdiri dari kampus-kampus yang ada di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) ditambah kampus lainnya yang berada di luar Jabodetabek. Tetapi keduanya memiliki perbedaan pada pola isu yang hendak diusung.

"Kalau dari kami tetap isu yang waktu itu aksi tanggal 28 Maret 2022, untuk menagih janji dari Presiden Jokowi. Kalau dari BEM Nusantara, kami kurang tahu isu yang dibawa oleh mereka," tutur Luthfi menjelaskan perbedaan keduanya.

Sementara itu, Koordinator Pulau Jawa aliansi BEM Nusantara, Ahmad Marzuki mengatakan, BEM Nusantara tidak akan ikut aksi 11 April karena isu tentang kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) masih belum dikaji oleh pihaknya.

Topik Menarik