Begini Cara Mendaftar Lintas Jurusan di UTBK SBMPTN 2022

Begini Cara Mendaftar Lintas Jurusan di UTBK SBMPTN 2022

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 9 April 2022 - 03:44
share

JAKARTA Bagi kalian yang akan memilih lintas jurusan di UTBK SBMPTN 2022 , ada beberapa persiapan yang harus dilakukan agar dapat masuk jurusan dan PTN impian. Kalian butuh persiapan ekstra karena harus mempelajari materi-materi UTBK 2022 yang berbeda dengan yang didalami saat di SMA.

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk lintas jurusan di UTBK 2022 nanti? Simak artikel ini sampai selesai, ya.

1. Pastikan Jurusan dan PTN yang Dipilih Menerima Pendaftaran Lintas Jurusan.

Sebelum kalian memilih lintas jurusan untuk UTBK 2022 nanti, perlu mencari tahu terlebih dahulu apakah jurusan dan PTN yang kalian incar mengizinkan pendaftaran lintas jurusan atau tidak.

Sebab ada beberapa jurusan dan PTN yang tidak membuka kesempatan bagi peserta UTBK SBMPTN melakukan lintas jurusanbaik lintas jurusan Saintek ke Soshum atau sebaliknya.

Beberapa PTN yang membuka kesempatan bagi peserta UTBK 2022 untuk melakukan lintas jurusan adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Diponegoro (Undip).

Universitas-Universitas tersebut membuka pendaftaran lintas jurusan sesuai dengan syarat yang harus dipenuhi, sesuai dengan jurusan kuliah atau program studi yang kalian pilih. Jadi, tidak semua jurusan kuliah atau program studi di Universitas-Universitas tersebut membuka kesempatan bagi yang ingin lintas jurusan, ya.

Dalam lintas jurusan, biasanya peluang lintas jurusan dari Saintek ke Soshum jauh lebih besar dibandingkan dari jurusan Soshum ke Saintek. Dengan demikian, kalian yang berasal dari jurusan Saintek memiliki pilihan lintas jurusan yang lebih beragam dibandingkan dari jurusan Soshum ke jurusan Saintek.

Bahkan, hampir semua jurusan kuliah Soshum dapat dipilih oleh kalian yang berasal dari jurusan Saintek.

Sementara anak Soshum yang ingin lintas jurusan di UTBK 2022 nanti, hanya dapat memilih beberapa jurusan Saintek. Beberapa jurusan kuliah atau program studi Saintek yang dapat anak jurusan Soshum pilih adalah Statistika, Ilmu Aktuaria, Ilmu dan Teknologi Lingkungan, dan Perencanaan Wilayah Kota.

Jadi, agar kalian tidak salah memilih jurusan kuliah dan PTN saat lintas jurusan nanti, kalian wajib memeriksa terlebih dahulu jurusan kuliah dan PTN yang akan diambil, ya.

2. Lebih Giat Belajar Persiapan UTBK SBMPTN

Tantangan terbesar bagi kalian yang ingin melakukan lintas jurusan saat UTBK 2022 nanti adalah melawan rasa malas belajar persiapan UTBK 2022. Rasa malas ini biasanya muncul karena materi-materi UTBK berbeda dengan jurusan yang diambil saat di SMA umumnya belum kalian pahami.

Kalau rasa malas ini sudah muncul, jangankan mempelajari materi-materi UTBK, untuk mengumpulkan buku-buku materinya saja sudah malas duluan.

Kalau memang ingin melakukan lintas jurusan saat UTBK 2022 nanti, kalian harus melawan dan membuang rasa malas tersebut. Kalau serius memilih lintas jurusan, harus semangat belajar persiapan UTBK SBMPTN dan menjaga konsistensi belajar agar kalian dapat taklukkan UTBK 2022 nanti.

Untuk membantu meningkatkan semangat belajar persiapan UTBK SBMPTN, kalian dapat memotivasi diri dengan mengingat kembali cita-cita dan alasan melakukan lintas jurusan saat UTBK 2022 nanti.

Semakin kuat motivasi yang ditanamkan dalam diri, semakin kuat pula semangat dan konsistensi belajar persiapan UTBK SBMPTN kalian untuk taklukkan UTBK 2022 nanti.

3. Bersedia Belajar Persiapan UTBK SBMPTN dari Nol

Saat kalian memutuskan untuk lintas jurusan saat UTBK 2022 nanti, itu artinya sudah siap belajar persiapan UTBK SBMPTN dari nol. Kalian siap dengan konsekuensi harus mempelajari materi-materi UTBK 2022 yang berbeda dengan materi-materi yang sudah dipelajari di sekolah.

Agar dapat menerapkan cara belajar persiapan UTBK SBMPTN yang efektif, kalian dapat membuat jadwal belajar per minggu.

Misalnya, kalian yang mengambil lintas jurusan dari Soshum ke jurusan Saintek, dapat membuat jadwal setiap tiga hari pertama mematangkan pemahaman materi-materi UTBK Soshum kalian. Sementara, empat hari berikutnya bisa mempelajari materi-materi UTBK Saintek.

Selain itu, kalian juga jangan lupa untuk membuat jadwal belajar untuk Tes Potensi Skolastik (TPS), ya. Dengan membuat jadwal belajar per minggu, kalian dapat lebih fokus belajar persiapan UTBK SBMPTN dan dapat lebih mudah memahami semua materi UTBK 2022 yang harus dikuasai.

Selain belajar materi-materi UTBK Saintek dan Soshum, kalian juga perlu latihan soal-soal UTBK. Dengan rajin mengerjakan soal-soal UTBK, kalian akan dapat mengukur pemahaman terhadap materi-materi Saintek dan Soshum yang sudah dipelajari.

Semakin sering kalian latihan mengerjakan soal-soal UTBK, akan semakin terbiasa dengan konsep dan pola soal yang bisa digunakan dalam UTBK.

Bagi kalian yang ingin lebih rajin latihan soal-soal UTBK, dapat mengikuti TryOut Akbar Pahamify . Dengan mengikuti TryOut Akbar UTBK 2022 Pahamify, kalian dapat latihan persiapan UTBK SBMPTN dengan ratusan soal terkini.

Apalagi TryOut UTBK 2022 Pahamify sudah disusun dengan soal dan penilaian yang paling mirip UTBK, yang dapat membantu kalian semakin siap taklukkan UTBK.

TryOut UTBK 2022 Pahamify juga sudah dilengkapi dengan jawaban dan video pembahasan materi UTBK yang menarik, yang dapat kalian simak setelah kalian mengikuti TryOut UTBK 2022 Pahamify.

4. Tidak Takut Bersaing di UTBK 2022

Para peserta lintas jurusan UTBK 2022 memiliki peluang lolos yang sama dengan peserta lainnya. Oleh karena itu, kalian jangan pernah takut menghadapi persaingan UTBK 2022 nanti.

Memang tidak ada jaminan peserta yang mengambil lintas jurusan langsung dapat diterima di PTN impian. Namun, kalian harus percaya kalau usaha keras belajar persiapan UTBK SBMPTN tidak akan menghianati hasil.

5. Ikut Bimbingan Belajar Persiapan UTBK SBMPTN

Saat memutuskan untuk lintas jurusan di UTBK 2022 nanti, ada masanya kalian kewalahan karena materi-materi UTBK yang harus dipelajari dan pahami sangat banyak. Kalau merasa begini, tidak ada salahnya mengambil kelas bimbingan belajar intensif persiapan UTBK SBMPTN.

Dengan mengikuti kelas bimbingan belajar intensif persiapan UTBK SBMPTN, kalian akan mendapatkan pendampingan belajar intensif dari tutor-tutor berkualitas dan berpengalaman.

Untuk membantu persiapan taklukkan UTBK 2022 dengan matang, kalian juga dapat mengikuti Live Class Pahamify . Di Live Class Pahamify, kalian akan dibimbing oleh para Rockstar Teacher Pahamify yang berpengalaman dan dapat belajar bersama para pejuang UTBK 2022 lainnya. Dijamin proses belajar persiapan UTBK SBMPTN akan seru dan bikin kalian gampang paham.

Nah, itulah lima persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapi lintas jurusan di UTBK SBMPTN 2022 nanti. Bagi kalian yang membutuhkan aplikasi belajar online terbaik untuk persiapan UTBK SBMPTN, dapat menggunakan aplikasi bimbel Pahamify.

Dengan fitur terbaru Pahamify yang bernama Pegasus, dijamin persiapan UTBK SBMPTN kalian akan semakin matang. Tunggu apalagi? Yuk unduh aplikasi belajar online Pahamify sekarang juga!

(Penulis: Salman Hakim Darwadis)

(mpw)

Topik Menarik