Puluhan Napi Rutan Banjarnegara Antusias Ikuti Kegiatan Baca Alquran

Puluhan Napi Rutan Banjarnegara Antusias Ikuti Kegiatan Baca Alquran

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 8 April 2022 - 10:51
share

BANJARNEGARA, iNews.id - Puluhan narapidana (napi) di Rumah Tahanan (Rutan) Banjarnegara antusias mengikuti kegiatan belajar membaca Alquran di bulan Ramadan. Meskipun penampilan penuh tato, mereka tampak semangat belajar setiap pagi.

Terdapat sekitar 60 napi penghuni Rutan Banjarnegara yang belajar baca Alquran. Kegiatan diselenggarakan pihak rutan bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Banjarnegara.

Selain baca Alquran, mereka juga mengikuti kajian dan pembelajaran agama Islam. Bulan Ramadan menjadi titik awal dan lembaran baru untuk bisa menjadi orang yang baik dan meninggalkan masa lalu yang buruk.

Pembelajaran dasar Alquran di masjid rutan, menjadi rutinitas setiap pagi. Setelah mengaji, para napi harus antre untuk kembali memasuki sel tahanan.

Mengaji dengan metode iqro, pembinaan mental agama dan materi fiqih yang didapat, diakui para napi menambah wawasan.

Sekaligus memberikan banyak manfaat. Salah satunya untuk ketenangan dan belajar menjadi pribadi yang lebih baik, kata Sidi, salah satu napi, Jumat (8/4/2022).

Total terdapat 110 napi penghuni Rutan Banjarnegara. Mereka berasal dari beragam kasus, dan lama masa tahanan yang dijalani.

Kepala Rutan Kelas II Banjarnegara, Karyono mengatakan, pihaknya mengadakan rumah tahanan bertasbih dalam rangka memberikan pendidikan, sekaligus bekal kepada para napi.

Harapannya usai menjalani masa tahanan, bisa kembali sebagai pribadi yang lebih baik, ucapnya.

Topik Menarik