Banyak Konsumsi Minuman Manis Bikin Gemuk, 3 Cara Menguranginya

Banyak Konsumsi Minuman Manis Bikin Gemuk, 3 Cara Menguranginya

Gaya Hidup | genpi.co | Kamis, 7 April 2022 - 12:40
share

GenPI.co - Bila kamu sudah mengurangi asupan makanan tetapi berat badan tak kunjung turun, coba perhatikan lagi minuman apa yang kamu konsumsi. Bisa jadi, kamu terlalu banyak minum minuman manis.

Cairan berjalan lebih cepat melalui saluran usus, sehingga memengaruhi hormon dan sinyal kenyang yang diterima tubuh.

Kalori yang didapatkan tubuh dari minuman tidak dapat memberi rasa kenyang yang kuat, tidak bisa mengurangi rasa lapar, dan tidak dapat membuat kamu makan lebih sedikit.

Karena belum kenyang, kamu pun jadi makan lebih banyak lagi, tanpa sadar bahkan telah melebihi batasan maksimal kalori yang harus dikonsumsi.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi konsumsi minuman bergula tinggi:

Biasakan minum air putih

Saat kamu menginginkan minuman manis, cobalah menggantinya dengan air putih.

Membiasakan diri untuk minum air putih memang tidak mudah, tetapi kamu bisa memulainya.

Mengurangi konsumsinya secara perlahan

Bagi kamu yang terbiasa minum yang manis, cara mengurangi konsumsinya perlu dilakukan secara perlahan. Awali dengan mengurangi jumlah gula yang digunakan saat membuat minuman, misalnya dari 1 sendok makan menjadi 1 sendok teh.

Batasi pula konsumsi minuman manis dalam kemasan. Jika terbiasa mengonsumsinya setiap hari, cobalah menguranginya menjadi tiga kali seminggu. Terus kurangi hingga kamu makin jarang mengonsumsinya.

Memilih minuman manis yang lebih menyehatkan

Bukan berarti kamu tidak bisa menikmati minuman ini sama sekali. Kamu bisa tetap mengonsumsi minuman ini asalkan mengganti jenisnya.

Minuman lain yang tak kalah nikmat di antaranya cokelat panas, smoothie buah dan sayur, jus buah tanpa gula, serta susu kedelai. Semua jenis minuman tersebut memiliki rasa manis, tapi tetap menyehatkan. (hellosehat)

Jangan sampai ketinggalan! Kamu sudah lihat video ini ?

Topik Menarik