SDM Pariwisata Harus Cepat Adaptasi di Tengah Kebangkitan Ekonomi Baru

SDM Pariwisata Harus Cepat Adaptasi di Tengah Kebangkitan Ekonomi Baru

Gaya Hidup | okezone | Rabu, 6 April 2022 - 00:04
share

KEPALA Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, menyebut, sumber daya manusia sektor pariwisata diminta lebih unggul, kompeten, dan mampu beradaptasi seiring kebangkitan ekonomi baru.

Lulusan Poltekpar (Politeknik Pariwisata) di bawah Kemenparekraf sangat mumpuni terkait hal ini, ujar dia dalam Weekly Press Briefing, awal pekan ini.

Sebagai lulusan Poltekpar Bali, dianggap perguruan tinggi tersebut mendidik para mahasiswa untuk memiliki mental yang sangat baik dalam memberikan pelayanan dan hospitality (keramahan) sesuai kompetensi program studi (prodi) pilihan setiap pelajar.

Saat ini, prodi Manajemen Tata Boga atau Kuliner disebut kian diminati oleh para mahasiswa karena bidang makanan dan minuman berpotensi membangkitkan perekonomian dengan membuka lapangan kerja maupun peluang usaha.

Untuk prodi kedua yang paling diminati ialah usaha jasa perhotelan atau Diploma 4 (D4) Manajemen Administrasi Perhotelan.

Infografis Destinasi Super Prioritas

Saya sendiri lulusan dari prodi tersebut. Lulusan prodi ini bisa bekerja di bidang perhotelan seperti tata boga, tata hidangan, divisi kamar, marketing, akuntansi, dan semua lini yang ada di hotel, ungkapnya.

Adapun prodi ketiga yang sangat digemari yaitu D4 Kepariwisataan atau Manajemen Pariwisata.

Dalam hal ini, Dewi mengajak siapa saja yang hendak membangun sektor pariwisata di daerahnya masing-masing, maka dapat memiliki prodi tersebut.

Terakhir, ia menilai D4 Manajemen Event dan MICE (Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitions) juga akan berkembang menimbang pariwisata berbasis event kian menjamur.

Bagi teman-teman yang ingin meningkatkan kompetensi di bidang pariwisata dan hospitality, kami rekomendasikan mendaftar dan kuliah di Poltekpar aja, kata Dewi.

Topik Menarik