Loading...
Loading…
Hati-hati, Ini 4 Bahaya Kesehatan yang Mengintai Kalau Langsung Tidur Setelah Sahur, Ngeri!

Hati-hati, Ini 4 Bahaya Kesehatan yang Mengintai Kalau Langsung Tidur Setelah Sahur, Ngeri!

Gaya Hidup | herstory | Selasa, 05 April 2022 - 06:30

Enggak jarang orang-orang sahur dengan keadaan masih mengantuk. Makanya, banyak juga orang yang langsung tidur setelah menyantap makanan sahur. Apa kamu salah satunya?

Perlu kamu ketahui bahwa kebiasaan tidur setelah sahur itu berbahaya bagi kesehatan, lho. Kamu harus berhati-hati karena cukup banyak bahaya kesehatan yang mengintai.

Melansir dari LiveScience (5/4/2022), berikut ini beberapa masalahh kesehatan yang bisa mengintaimu jika memilikii kebiasaan langsung tidur setelah sahur. Yuk, simak baik-baik, ya!

GERD

Tidur setelah makan dapat meningkatkan komplikasi GERD atau refluks asam lambung, seperti kerusakann pada esofagus. Tidur setelah makan sahur dapatt memicu GERD karena tubuh enggak dalam posisi tegak, yakni posisi ideal untuk mencerna makanan.

Sembelit

Tidur setelah makan sahur juga dapat menyebabkan sembelit. Sebab, makanan enggak dicerna dan diserap dengann baik, sehingga kamu jadi kehilangan nutrisi.

Pengosongan lambung manusia membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga jam setelah makan. Posisi berbaring atau tidur dapat menghambat proses tersebut.

Sakit tenggorokan

Langsung tidur setelah makan sahur juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Ini disebabkan oleh efek lanjuttan refluks asam atau GERD.

Serangan jantung

Langsung tidur setelah makan sahur dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

Nah, itulah beberapa risiko bahaya kesehatan yang terjadi kalau memiliki kebiasaan tidur setelah makan sahur. Jadi, sebaiknya menunggu makanan hingga tuntas dicerna setidaknya tiga jam sebelum tidur.

Original Source

Topik Menarik