Bayar Zakat Fitrah Online Tetap Sah, Ini 5 Rekomendasi Tempat Bayarnya

Bayar Zakat Fitrah Online Tetap Sah, Ini 5 Rekomendasi Tempat Bayarnya

Gaya Hidup | mommiesdaily.com | Kamis, 31 Maret 2022 - 14:00
share

Kapan waktu yang tepat dan di mana bisa bayar zakat fitrah secara online? Berikut 5 rekomendasi tempat yang bisa Mommies pilih.

Berbeda dengan bulan-bulan biasanya, bulan Ramadan adalah bulan suci yang penuh berkah. Bulan Ramadan juga menjadi bulan yang istimewa karena menjadi waktu yang terbaik bagi umat Muslim untuk menambah pahala, memohon ampun, dan menghapus dosa.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah berkata, " Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kamu berpuasa, karena dibuka pintu- pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan dibelenggu syaitan-syaitan, serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak berhasil memperoleh kebaikannya, sungguh tiadalah ia akan mendapatkan itu untuk selama-lamanya ." (HR Ahmad, An-Nasal, dan Baihaqi)

Selain berpuasa dan sholat tarawih, ada juga amalan-amalan lain yang dapat membantu umat muslim untuk mensucikan dirinya, yaitu dengan melakukan dan membayar zakat fitrah.

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dibayarkan oleh seorang muslim yang sudah mampu untuk menunaikannya. Zakat fitrah dikeluarkan satu kali dalam setahun yaitu pada bulan Ramadan. Kewajiban menunaikan zakat fitrah dimulai sejak awal Ramadan hingga puasa terkahir sebelum menunaikan shalat Idul Fitri.

BACA JUGA: Hukum Puasa Ramadan untuk Anak

Tujuan menunaikan zakat fitrah adalah untuk membersihkan diri dari setelah menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan, serta sebagai bentuk kepedulian bagi orang yang kurang mampu agar dapat sama-sama merasakan kebahagiaan pada hari kemenangan.

Pembayaran zakat fitrah berupa beras atau makanan pokok sebanyak satu sha atau diperkirakan setara dengan 2,5 kg atau 3,5 liter untuk setiap orang. Besaran satu sha dapat digantikan dengan uang yang setara dengan harga makanan pokok.

Namun, karena harga makanan pokok setiap daerah berbeda-beda, maka dapat mengikuti besaran zakat fitrah yang ditetapkan oleh Badan Amil Zakat (Baznas) setiap provinsi atau kabupaten.

Foto: Unsplash

Berdasarkan hadits riwayat Tirmidzi, ada beberapa waktu pelaksanaan zakat fitrah:

Sehingga, waktu terbaik menunaikan zakat fitrah adalah tepat sebelum sholat Idul Fitri. Apabila melewati waktu sholat Idul Fitri, maka pembayaran zakat fitrah hukumnya makruh dan haram.

Pembayaran zakat fitrah juga dapat dilakukan secara online . Dikutip dari zakat.or.id, Syekh Dr. Yusuf Al-Qaradawi, cendekian Muslim dan teolog Islam asal Mesir, berpendapat bahwa apabila seorang muzaki (orang yang membayar zakat) menyerahan zakatnya secara online kepada lembaga amil zakat, maka zakatnya tetap sah.

Dikutip juga dari Dompet Dhuafa dan berdasarkan keterangan Ustad Zul Ashfi, S.Si, Lc, ketika seorang muzaki sudah berniat membayar zakat, maka hukumnya sah.

Membayar zakat secara online juga memiliki beberapa manfaat, seperti dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, memudahkan Amil untuk membuat laporan keuangan zakat secara transparan dan memiliki bukti transfer. Lembaga pengelola zakat juga bisa menyalurkan dana zakat lebih cepat ke mustahiq.

BACA JUGA: Rekomendasi Menu Sahur dan Buka Puasa 30 Hari Lengkap dengan Resep

Untuk memudahkan Mommies dan keluarga, berikut beberapa rekomendasi lembaga penyedia zakat yang bisa bayar zakat fitrah secara online:

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)

Rumah Zakat

Kita Bisa

Tokopedia

Gojek

Topik Menarik