Besok Puasa, Ketahui Fakta dan Mitos Seputar Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Besok Puasa, Ketahui Fakta dan Mitos Seputar Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Gaya Hidup | indozone.id | Sabtu, 2 April 2022 - 20:10
share

Tak terasa bulan Ramadhan sudah di depan mata, yang artinya seluruh umat muslim di dunia akan melaksanakan puasa sebulan lamanya. Ibadah yang dijalankan untuk menahan godaan dari hawa nafsu ini tentunya memiliki rukun yang wajib ditaati.

Namun, seiring berkembangnya zaman, banyak hal-hal yang menjadi mitos dari berpuasa di bulan Ramadhan. Agar tidak salah, ketahui fakta dan mitos berpuasa di bulan Ramadhan yang # kamuharustau .

Apa saja ya?

1. Fakta makan sahur di ujung waktu

Sebelum menjalankan puasa, umat muslim diwajibkan sahur, yakni aktivitas makan untuk bekal menahan lapar dan dahaga. Katanya, sahur di penghujung waktu adalah hal yang sunnah untuk dilakukan. Hal ini merujuk pada hadist Rasulullah SAW:

Segerakanlah berbuka dan akhirkanlah sahur, bunyi hadist tersebut.

2. Fakta penderita maag boleh berpuasa

Penderita maag memang memiliki kendala untuk perut tidak kosong agar lambung tidak kumat dan menyebabkan penyakit. Akan tetapi, penderita maag bukan tidak bisa berpuasa selama penderita maag mampu menghindari makanan terlalu pedas, asam dan asin yang berlebih agar maag tidak kambuh.

3. Mitos makan banyak agar tidak lapar

Banyak yang mengira jika semakin banyak kita makan, semakin kuat energi yang dihasilkan selama berpuasa. Namun, nyatanya anggapan tersebut keliru lantaran makan yang banyak mampu meningkatkan resika obesitas hingga diabetes.

4. Mitos tidak sahur dibolehkan tidak berpuasa

Meskipun sahur merupakan rukun puasa, namun bukan berarti ketika tidak sahur boleh tidak berpuasa. Rasulullah bersabda makan sahur adalah kegiatan yang dianjurkan meski hanya dengan seteguk air.

"Bersahur itu adalah suatu keberkahan, maka janganlah kamu meninggalkannya, walaupun hanya dengan seteguk air, karena Allah dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur (makan sahur)." (HR Ahmad).

Hal ini merujuk pada kasus kesiangan atau waktu mepet untuk makan sahur, kita wajib berpuasa meski hanya meneguk segelas air saja.

5. Fakta berbukalah dengan makanan yang manis

Beberapa anggapan mengatakan jika makanan manis dikonsumsi saat berbuka akan membawa penyakit pada tubuh. Akan tetapi makanan manis yang disajikan saat berbuka adalah hal yang sangat dianjurkan, terutama buah-buahan.

Hal ini lantaran manis yang dikandung buah-buahan mampu mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa sekitar 13 jam lebih lamanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik