Loading...
Loading…
Bumil dengan Kondisi Ini Gak Dianjurkan Puasa, Apa Saja?

Bumil dengan Kondisi Ini Gak Dianjurkan Puasa, Apa Saja?

Gaya Hidup | herstory | Rabu, 30 Maret 2022 - 15:05

Beberapa hari lagi umat muslim akan memasuki bulan puasa. Namun, dalam beberapa kondisi, adapun umat muslim yang tak dianjurkan untuk berpuasa. Misalnya, sakit, haid, nifas, maupun sedang dalam perjalanan. Ibu hamil pun diperbolehkan untuk berpuasa jika kondisi memungkinkan. Namun, ada beberapa kondisi ibu hamil yang tidak dianjurkan puasa.

Lalu, bagaimana kondisi ibu hamil yang tak dianjurkan untuk puasa? Coba simak penjelasan berikut, bumil wajib tahu nih!

1. Dehidrasi

Jika sedang hamil, pastikan agar tubuh tetap terpenuhi asupan air mineral. Ini penting karena berguba untuk membentuk ketuban di area sekitar janin dan mendukung tumbuh kembangnya.

Ibu hamil dianjurkan untuk jangan sampai mengalami dehidrasi. Ini bisa menyebabkan syok oleh tekanan darah dan menyebabkan komplikasi kehamilan, bahkan cacat lahir pada bayi.

2. Mimisan

Mimisan rentan terjadi saat sedang hamil. Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan hormon pada masa kehamilan, ini membuat pembuluh darah pada hidung melebar dan gampang pecah serta berdarah. Mimisan saat sedang hamil memang tidak memicu bahaya besar, namun tetap perlu diperhatikan ibu hamil mengalami mimisan saat puasa.

3. Pergerakan Janin Berkurang

Ibu hamil yang berpuasa di trimester dua atau tiga, perlu untuk mewaspadai jika pergerakan janin berkurang dalam kandungan. Jika bayi dalam kandungan kurang bayi bergerak, itu artinya ada masalah pada janin. Maka dari itu, disarankan agar ibu hamil membatalkan puasa jika terjadi gerak pada bayi berkurang.

4. Kehamilan risiko tinggi

Melalukan puasa bisa dikatakan tidak dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil yang mempunyai kehamilan risiko tinggi. Contohnya, ibu hamil yang menderita diabetes (diabetes gestasional). Beberapa ibu yang mempunyai kehamilan risiko tinggi biasanya tidak oleh dokter untuk berpuasa karena bisa membahayakan janin.

Itulah beberapa kondisi ibu hamil yang tidak dianjurkan berpuasa. Sebaiknya, konsultasikan ke dokter segera ya Moms!

Original Source

Topik Menarik