Loading...
Loading…
Bahaya Minuman Manis dan Sering Makan Gorengan saat Berbuka Puasa

Bahaya Minuman Manis dan Sering Makan Gorengan saat Berbuka Puasa

Gaya Hidup | okezone | Rabu, 30 Maret 2022 - 07:00

GORENGAN dan minuman manis, es atau bersoda menjadi menu buka puasa favorit banyak orang. Namun, tahukah Anda jika ada risiko kesehatan dari sering mengonsumsi hidangan tersebut saat berbuka puasa?

Menurut dokter spesialis gizi klinik bila hobi mengonsumsi makanan berminyak meningkatkan risiko obesitas hingga kolesterol di tengah puasa Ramadan. Lalu menu selanjutnya, ialah makanan manis yang bisa meningkatkan kadar gula darah.

Gorengan

"Meningkatkan kadar gula darah secara mendadak sehingga dapat membahayakan kesehatan, terutama untuk orang yang memiliki penyakit diabetes ataupun toleransi gulanya terganggu," tutur dr. Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K dari Primaya Hospital Tangerang, kepada MNC Portal, Minggu (27/3/2022)

Sedangkan, minuman bersoda dan susu mampu jika disantap saya berbuka puasa mampu membuat perut merasa tidak nyaman. Sebab memberikan efek rasa kembung atau bergas.

Minuman Manis

Kemudian, minuman manis seperti es teh, es buah atau sirup hingga boba mampu meningkatkan rasa keinginan terus meminumnya (brain reward). Apabila dikonsumsi secara berlebihan atau dalam jangka panjang dapat mengganggu kuman baik (mikrobiota) dalam usus.

"Minuman manis dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan mikrobiota (kuman baik) di usus dan risiko kesehatan lainnya," jelasnya

Di sisi lain, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan saat berpuasa seseorang harus tetap menjaga kesehatan. Dengan tidak lupa memperbanyak minum air putih sebanyak 8 gelas sehari.

"Tipsnya tetap jaga kesehatan, jalankan prokes, minum air putih 8 gelas sehari dan makanan gizi seimbang, perbanyak buah dan sayur," imbuh dr Siti Nadia.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{
{