7 Tips Merawat Peralatan Masak

7 Tips Merawat Peralatan Masak

Gaya Hidup | okezone | Selasa, 29 Maret 2022 - 21:29
share

MEMBELI peralatan masak yang mahal tentu harus membutuhkan perawatan ekstra agar lebih awet. Bagaimana ya caranya?

Banyak sekali jenis peralatan memasak yang ada di dapur Bunda. Dari mulai wajan, panci, spatula, pisau, talenan, dan sebagainya.

Jika sering dipakai masak, maka kualitas bisa berkurang. Begitupun peralatan masak itu termakan usia, terlebih kalau disimpan lama-lama.

Perwakilan PT Royal Sutan AgungMuhamad Rizki mengatakan, agar peralatan masak yang anda miliki tetap awet, pastikan merawat peralatan memasak tersebut dengan baik dan benar.

"Harus diperhatikan, saat membeli peralatan memasak, sebaiknya pilih bahan peralatan memasak yang bagus dan berkualitas serta terpercaya, katanya dalam keterangan resmi.

Sementara itu, dikutip dari laman Instagram @geagetra.id, ada 7 tips merawat peralatan masak agar awet dan tahanan lama sebagai berikut.

Baca aturan pakai dan perawatan

Ingat, selalu baca aturan perawatan pada masing-masing kardus alat masak yang anda beli, karena tidak semua produk memiliki kesamaan penggunaan dan perawatan.

Segera pindahkan usai dipakai

Jangan tinggalkan di atas kompor setelah selesai digunakan. Sebaiknya segera memindahkannya dari kompor setelah selesai digunakan untuk memasak. Hal ini bertujuan agar hawa panas dari kompor tidak merusak lapisan bawah alat masak tersebut.

Cuci alat masak saat dingin

Sesaat setelah selesai digunakan memasak, biarkan suhu pada alat memasak menjadi normal sebelum dicuci atau dibersihkan.

Cuci dengan silikon food grade

Sebaiknya Anda bisa menggunakan alat cuci silikon food grade saat mencuci peralatan memasak. Fungsinya untuk menjaga kualitas peralatan memasak serta keawetan peralatan memasak, khususnya yang memiliki lapisan anti lengket.

Topik Menarik