5 Pilihan Resep untuk Berbuka Puasa yang Simpel

5 Pilihan Resep untuk Berbuka Puasa yang Simpel

Gaya Hidup | katadata.co.id | Selasa, 29 Maret 2022 - 14:53
share

Dalam waktu dekat, umat Islam akan menyambut datangnya bulan Ramadan 1443 Hijriah. Menu berbuka puasa yang variatif dari hari ke hari menjadi salah satu cara sebagian muslim untuk memeriahkan bulan penuh berkah itu bersama keluarga.

Di samping menu berbuka yang variatif, ada pula yang lebih memilih mengolah bahan-bahan yang ada menjadi hidangan simpel yang lezat. Selain hemat biaya, menu sederhana ini juga tidak menguras banyak tenaga untuk mengolahnya sehingga bisa fokus pada amalan atau aktivitas lain di bulan Ramadan.

Resep untuk Berbuka Puasa yang Simpel

Mengutip berbagai sumber, berikut resep berbuka yang simpel dan mudah untuk dibuat.

1. Udang Pedas Manis

Untuk membuat udang pedas manis siapkan bahan-bahan berikut:

Siapkan juga bahan untuk membuat sausnya, yaitu:

Setelah semua bahan siap, bersihkan udang terlebih dahulu, buang kulit dan kepalanya. Iris halus bawang putih dan cincang bawang bombai.

Selanjutnya, tumis bawang putih dan bawang bombai sampai wanginya merebak, kemudian masukan udang dan tumis sampai berubah warna.

Terakhir, masukan semua bahan saus, lada dan garam. Jika sudah hampir matang, masukan irisan cabai merah, hijau, dan daun bawang. Aduk rata dan koreksi rasanya. Jika rasa sudah pas dan sesuai selera, udang pedas manis siap disajikan.

2. Ayam Teriyaki

Menu sederhana lainnya adalah ayam teriyaki. Hidangan satu ini hanya memerlukan bahan-bahan seperti:

Mula-mulai, cuci bersih ayam dan iris berukuran 3x3 cm, kemudian baluri dengan bumbu teriyaki instan. Biarkan selama kurang lebih 10 menit sampai bumbu meresap.

Panaskan minyak sayur, tumis bawang bombai, bawang putih, dan jahe sampai harum. Selanjutnya, masukan ayam dan masak hingga matang dan bumbu mengental.

Menu ayam teriyaki ini bisa didampingi salad kol dan wortel yang diiris halus dengan ukuran kurang lebih sama saat penyajian.

3. Nasi Goreng Malaysia

Resep nasi goreng Malaysia serupa dengan nasi goreng Indonesia. Perbedaanya, nasi goreng Malaysia menggunakan daun kari sehingga memiliki rasa yang kuat, menjadikannya tambahan yang bagus untuk hidangan nasi karena mengandung rasa aromatik.

Siapkan bahan-bahan berikut:

Untuk membuatnya, pertama-tama panaskan minyak lalu tumis cabai, bawang merah, bawang putih, tapi jangan sampai kecoklatan. Angkat dan haluskan bumbu secara kasar. Dalam minyak yang sama, tambahkan daun kari, garam, dan nasi. Aduk rata dan masak sebentar lagi. Sajikan selagi hangat.

4. Ayam Kecap

Untuk membuat ayam kecap, siapkan bahan-bahan berikut:

Cara membuat ayam kecap pertama-tama buat campuran dari irisan bawang merah, bawang putih, kecap Inggris, garam, dan lada secukupnya lalu balurkan ke ayam.

Panaskan tumis sisa bumbu dengan sedikit minyak, masukkan potongan ayam, bolak-balik agar matang merata. Tambahkan 1/2 gelas kaldu, garam, lada, potongan buah tomat dan kecap manis. Masak hingga ayam agak kering dan cukup matang lalu angkat. Sajikan pada piring lalu hias dengan bawang bombai.

5. Sayur Asam

Siapkan bahan-bahan berikut:

Bumbu halus:

Pertama-tama, Potong labu siam, kacang panjang dan jagung. Cuci sayuran, kacang tanah, daun salam hingga bersih.

Selanjutnya, masukan ke dalam air mendidih. Tambahkan bumbu halus, lengkuas geprek. Biarkan sampai sayuran matang. Terakhir, tambahkan garam, gula dan penyedap. Cicipi. Jika sudah sesuai selera, sayur asem siap disantap.

Topik Menarik