Bisa Perbaiki Suasana Hati, Cobain 5 Makanan Ini

Bisa Perbaiki Suasana Hati, Cobain 5 Makanan Ini

Gaya Hidup | bantennews.co.id | Minggu, 27 Maret 2022 - 07:03
share

SERANG Perut yang kenyang dan sehat memang sangat penting bagi fungsi otak manusia. Makanan juga diketahui bisa memberi dampak luar biasa pada suasana hati seseorang secara keseluruhan.

Sebab itu, orang harusnya tidak hanya mengonsumsi makanan demi kelangsungan hidup tetapi juga harus fokus pada makanan sehat.

Menurut Psikiater Ahli Saraf Klinis, Daniel Amen, salah satu dari 7 rahasia ilmu saraf untuk kebahagiaan adalah menikmati makanan dan minuman yang bisa membuat suasana hati lebih baik. Tidak hanya untuk sesaat, tetapi juga jangka panjang.

Para ahli mengatakan makanan menenangkan seperti pizaa dan es krim itu hanya bersifat sementara.

Tapi, makanan yang benar-benar mengandung nutrisi pemicu kebahagiaan kimiawi dan hormon tubuh akan memberikan dampak kebahagiaan jangka panjang. Berikut ini dilansir darisuara.com (jaringan BantenNews.co.id), makanan yang baik untuk meningkatkan suasana hati.

1. Buah

Buah-buahan dan beri bisa memberikan dampak baik pada suasana hati dan tubuh manusia. Makanan ini sangat kaya akan antioksidan yang sangat penting bagi kesehatan manusia.

Apalagi buah-buahan dan beri serta sayuran yang bersifat musiman, ditanam secara organik dan tidak diberi pestisida dan obat penumbuh tanaman lainnya.

2. Minyak yang sehat

Banyak orang menghindari penggunaan minyak, karena dinilai buruk untuk kesehatan tubuh. Tapi, Dr Amin menyarankan untuk menggunakan minyak sehat. Karean, inyak goreng sehat kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan dan suasana hati.

3.Telur

Telur juga makanan yang bisa membantu meningkatkan mood. Para ahli mengatakan telur sarat dengan kolin yang membantu menghasilkan neurotransmiter, sehingga membantu meningkatkan suasana hati.

Telur memberikan B-12, folat, protein, dan lemak sehat, yang penting untuk fungsi otak. Kuning telur dikemas dengan karotenoid yang juga sama baiknya.

4. Makanan dengan indeks glikemik rendah

Makanan dengan indeks glikemik tinggi bisa menyebabkan ngantuk, karena mengakibatkan variasi mendadak dalam kadar gula darah. Makanan ini meningkatkan kadar gula darah dan proses pengolahannya juga tidak seperti makanan lain.

Karena itu, konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah agar memiliki tubuh yang sehat dan pikiran yang positif.

5. Cokelat hitam

Makanan dengan indeks glikemik rendah agar memiliki tubuh yang sehat dan pikiran yang positif.

Gula memfasilitasi pelepasan insulin yang menghasilkan bahan kimia rasa baik yang dikenal sebagai endorfin untuk menginduksi jenis perasaan euforia pada manusia.

(Red)

Topik Menarik