Mengenal Gejala Diabetes Kering yang Harus Diwaspadai

Mengenal Gejala Diabetes Kering yang Harus Diwaspadai

Gaya Hidup | okezone | Sabtu, 26 Maret 2022 - 13:33
share

GEJALA diabetes kering memang lebih sulit dilihat dibandingkan diabetes biasa, meskipun di dunia medis tidak mengenal istilah itu. Selama ini, diabetes dibagi menjadi dua tipe, baik tipe 1 maupun tipe 2.

Pada diabetes tipe 1, tubuh khususnya organ pankreas tidak dapat memproduksi insulin. Sementara pada Diabetes Tipe 2, adalah penyakit yang sangat terkait dengan gaya hidup, yakni pola makan, olahraga, kegemukan, dan pola tidur. Berikut ini merupakan gejala-gejala diabetes kering, antara lain:


Rasa haus berlebihan

Penderita biasanya mengalami kehausan. Karena cairan tubuh yang terkuras dari seringnya buang air kecil. Rasa haus merupakan cara alami tubuh dalam mengelola kadar gula darah yang tinggi.

Kelaparan

Saat kadar gula darah merosot, tubuh menangkap sinyal bahwa belum diberi makanm sehingga menagih glukosa seperti yang dibutuhkan sel. Akibatnya muncul rasa lapar yang berlebihan.

Gejala Diabetes Kering

Penyusutan berat badan

Pada saat kadar gula darah tinggi, bobot badan akan menyusut. Pasalnya hormon insulin tersebut tidak mendapatkan glukosa untuk sel. Tubuh memecah protein dari otot sebagai sumber alternatif bahan bakar.

Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Pada penderita diabetes, akan mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil lebih banyak. Hal ini disebabkan tubuh tidak dapat menyerap glukosa. Sementara organ ginjal mengeluarkan glukosa sebanyak mungkin.

Kulit jadi bermasalah

Kulit gatal, mungkin akibat kulit kering seringkali bisa menjadi tanda peringatan diabetes, seperti juga kondisi kulit lainnya, misalnya kulit jadi gelap di sekitar daerah leher atau ketiak.

Topik Menarik