Ini Perlunya Ibu Ajarkan Simulasi Cegah Covid-19 kepada Anak

Gaya Hidup | okezone | Published at Minggu, 14 Juni 2020 - 11:00
Ini Perlunya Ibu Ajarkan Simulasi Cegah Covid-19 kepada Anak

Di tengah pandemi Covid-19, seorang iu bertugas mengedukasi anak-anaknya soal bahaya virus corona. Namun ini harus dilakukan dengan baik dan tepat sesuai usia sang anak.

Psilokog Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengatakan, sebaiknya ibu menghindari memberikan penjelasan yang membuat anak menjadi takut atau trauma. Cukup ajarkan kepada mereka agar anak-anak mau melakukan proteksi diri agar terhindar dari virus corona.

Ibu juga bisa menjelaskan poin-poin penting apa saja yang terjadi ketika seseorang tertular Covid-19. Dan ajarkan kepada mereka, apa yang harus dilakukan agar tidak tertular.

 

"Beritahu poin penting jika ada orang yang tertular, seperti demam, batuk, dan lain-lain. Lalu ajarkan juga ke anak bagaimana cara agar tidak tertular, seperti cuci tangan, pakai masker, dan lain-lain," tutur Vera.

Selain itu, Vera juga mengatakan, di usia anak-anak, mereka akan lebih mudah memahami sesuatu dengan praktik. "Oleh karena itu, terapkan simulasi pada anak cara mencegah terkena Covid-19 agar mereka bisa meniru orangtuanya."

 

"Untuk anak-anak usia dini atau prasekolah kadang diperlukan juga untuk melatih mereka melalui praktik yaitu buat simulasi dimana anak dan orangtua bisa bermain peran, misalnya simulasi kalau lagi ada di tempat umum," pungkas Vera.

Artikel Asli