Loading...
Loading…
10 Kebiasaan ini Bikin Ginjal Rusak, Stop Mulai Sekarang Kalau Mau Umur Panjang!

10 Kebiasaan ini Bikin Ginjal Rusak, Stop Mulai Sekarang Kalau Mau Umur Panjang!

Gaya Hidup | herstory | Kamis, 24 Maret 2022 - 07:29

Beauty, ginjal adalah salah satu organ tubuh manusia yang berperan dalam proses ekskresi. Layaknya anggota tubuh lain, ginjal juga harus dirawat sebaik mungkin.

Kalau enggak, ginjal akan bermasalah dan mungkin menimbulkan penyakit yang akan berhubungan dengan organ lain.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam sekaligus Konsultan Ginjal Hipertensi, dr. Tities Indra , Sp.PD, KGH., mengimbau, masyarakat, tak terkecuali kaum hawa agar lebih aware tentang penyakit gagal ginjal.

Menurut dr. Tities, untuk mengetahui ginjal kita sendiri sehat atau enggak, kata dr. Tities, pemeriksaankesehatandi dokter memang lebih akurat, namun ada beberapa tanda yang bisa menjadi petunjuk tentang kondisi kesehatan ginjal kita.

Kata dia, ciri-ciri ginjal sehat salah satunya bisa diketahui dari urine yang jernih . Jika urine tampak jernih, tandanya tubuh kita terhidrasi dengan baik. Tercukupinya kebutuhan cairan harian tubuh berperan besar dalam membantu ginjal untuk dapat berfungsi dengan baik.

Tak hanya itu, ciri-ciri ginjal sehat lainnya adalah kemampuannya mengeluarkan jumlah urine yang cukup , sehingga tidak terjadi penumpukan cairan di tubuh yang berakibat bengkak pada tubuh.

Jika dilihat dalam pemeriksaan Lab, tanda ginjal sehat antara lain nilai pemeriksaan urinalisa normal dan nilai laboratorium ureum dan kreatinin dari darah normal, dan apabila dilakukan pemeriksaan ultrasonografi ginjal tak dijumpai adanya kelainan pada morfologi ginjal, papar dr. Tities, kepada HerStory , beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, dr. Tities pun menyarankan , agar ginjalmu tetap sehat, sebaiknya mulai sekarang kamu melakukan perubahan gaya hidup.

Dan yang perlu kamu ketahui Beauty, bahwa ada banyak kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak ginjal.Berikut adalah 10 di antaranya.

  1. Terlalu sering menggunakan obat penghilang rasa sakit
  2. Berlebihan mengonsumsi garam
  3. Terlalu sering menyantap makanan olahan
  4. Tidak membuat diri terhidrasi
  5. Kurang tidur
  6. Terlalu banyak makan gula
  7. Merokok
  8. Terlalu banyak minum alkohol
  9. Tak cukup bergerak
  10. Terlalu banyak makan daging

Terkait maraknya penggunaan terapi dan resep herbal untuk mengobati penyakit ginjal, dr. Tities menegaskan bahwa untuk saat ini belum ada resep herbal yang direkomendasikan untuk pasien penyakit ginjal.

Bahkan kata dia, beberapa obat herbal diketahui bahaya dikonsumsi oleh pasien karena dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Sehingga diimbau bagi masyarakat awam agar teliti sebelum mengkonsumsi obat herbal, bila perlu konsultasikan dulu kepada dokter, pungkasnya.

Semoga informasinya bermanfaat ya!

Original Source

Topik Menarik

{