Oh Ini yang Bikin Nasi Putih `Haram` untuk Penderita Diabetes, Ternyata karena...

Oh Ini yang Bikin Nasi Putih `Haram` untuk Penderita Diabetes, Ternyata karena...

Gaya Hidup | herstory | Kamis, 17 Maret 2022 - 13:12
share

Nasi putihmemiliki reputasi buruk bagi kesehatan. Bukan cuma diklaim bisa menambah berat badan, tapi nasi putih juga digadang-gadang berbahaya bagi penderita diabetes karena mengandung gula.

Faktanya ada sebuah studi dilakukan pada 1,30.000 orang dewasa selama lebih dari 10 tahun di 21 negara. Penelitian itu menunjukkan beberapa hasil yang kurang baik tentang nasi putih.

Dilansir dari Times of India (17/3/2022)sesuai hasil penelitian, konsumsi nasi putih dikaitkan dengan risiko tinggidiabetes. Dan risiko itu ditemukan lebih umum di antara populasi Asia Selatan.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care yang dilakukandalam skala besar. Selain itu, ini merupakan kerjasama internasional antara peneliti dari berbagai negara dan dipimpin oleh Bhavadharini Balaji dari Population Health Research Institute, Hamilton Health Sciences.

Dijelaskan dalam penelitian bahwa proses penggilingan dan pemolesan padanasi putihmenghilangkan nutrisi yang ada, seperti Vitamin B dan indeks glikemiknya yang tinggi menyebabkan lonjakan kadar gula darah.Setiap porsi nasi bisa meningkatkan risiko diabetes sebesar 11 persen.

Orang-orang Asia Selatan ditemukan secara genetik cenderung terkena diabetes, baik karena gaya hidup maupun alasan biologis. Selain itu,konsumsi nasi putih yang lebih tinggi dikaitkan dengan konsumsi makanan lain yang lebih rendah, seperti serat, produk susu, dan daging.Ditemukan juga bahwa karbohidrat membentuk hampir 80 persen kalori yang dikonsumsi di banyak negara Asia Selatan.

Tapi, enggak semua orang yang makan nasi putih rentan terkenadiabetes. Ini tidak hanya tergantung pada porsi nasi yang dikonsumsi, tetapi juga pada kualitas beras dan dengan apa lauk yang dipilih sebagai pendamping nasi.

Orang yang mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok, risiko peningkatan diabetes dapat diturunkan dengan mengganti nasi putih dengan pilihan yang lebih sehat dan juga tidak lupa untuk makan kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Topik Menarik