10 Amalan di Bulan Ramadhan yang Berlimpah Pahala

10 Amalan di Bulan Ramadhan yang Berlimpah Pahala

Gaya Hidup | indozone.id | Rabu, 16 Maret 2022 - 18:00
share

Bulan Ramadhan menjadi momentum bagi umat Muslim untuk membersihkan diri. Selain karena ibadah puasa yang wajib dijalankan, umat Muslim dianjurkan memperbanyak amalan sunah di bulan Ramadhan.

Amalan di bulan Ramadhan ini nantinya akan diganjar dengan pahala yang akan dilipatgandakan.

"Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan." (HR. Bukhari-Muslim).

Berikut ini beberapa amalan-amalan di bulan Ramadhan yang bisa kamu jalankan untuk menambah pahala.

1. Sahur

Sahur Ramadhan
Ilustrasi sahur Ramadhan (unsplash.com/Ben White)

Sebelum berpuasa, menjalankan sahur menjadi salah satu kegiatan yang dianjurkan untuk dilakukan, meski pun hanya dengan seteguk air. Dari Anas RAbahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Makan sahurlah, karena sahur itu barakah."(HR. Bukhari dan Muslim)

2.Membaca dan mengkhatam Al-Quran

 Al-Qur
Ilustrasi Al-Quran (unsplash.com/@utsmanmedia)

Mengaji atau membaca Al-Quran merupakan amalan di bulan Ramadhan yang sangat dianjurkan, karenaakan terasa berbeda dibandingkan bulan-bulan biasanya.

Hal ini karena mengaji selama Bulan Ramadhan tak hanya bisa mendapatkan berkah, tetapi juga mampu meningkatkan ketakwaan dan iman untuk menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadan.

"Jibril menemuinya pada tiap malam-malam bulan Ramadhan, dan dia (Jibril) bertadarus Al-Quran bersamanya." (H.R. Bukhari No. 3220)

3. Melakukan iktikaf

Iktikaf
Ilustrasi iktikaf (unsplash.com/@sxy_selia)

Berdiam diri di dalam masjid untuk mencari rida Allah dan introspeksi diri atas perbuatan-perbuatanadalah pengertian dari iktikaf.

Hadis Rasulullah SAW menyebutkan bahwa iktikaf di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan bagai beriktikaf dengan beliau (Rasulullah SAW).

"Siapa yang ingin beriktikaf bersamaku, maka beriktikaflah pada sepuluh malam terakhir."(HR Ibnu Hibban)

4. Menjalankan Qiyam Ramadhan

Shalat Tarawih
Ilustrasi salat Tarawih (unsplash.com/Rumman Amin)

Melakukan salat tarawih dan salat malam lainnya termasuk dalam Qiyam Ramadhan. Jika dijalankan, ibadah ini akan menambah amalan di bulan Ramadhan.

Diriwayatkan Abu Hurairah radhiallahu \'anhubahwa Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa yang salat malam pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu." (HR. Bukhari No. 37, Muslim No. 759)

5. Menghidupkan malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar
Ilustrasi malam Lailatul Qadar (unsplash.com/@arunanoop)

Malam Lailatul Qadar tepat berada di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Pada malam ini, pahala yang di dapat akan lebih besar dibandingkan malam-malam lainnya di bulan Ramadhan.

Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Quran pada malam Lailatul Qadar, tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu ? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turunlah melaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala usrusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar." (QS. Al-Qadar/97: 1-5)

6. Memperbanyak sedekah

Sedekah
Ilustrasi sedekah (unsplash.com/@26_ms)

Sedekah merupakan salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap umat muslim. Salah satu amalan di bulan Ramadhan ini bisamenambah pahala berlipat ganda.

Sebagaimana diriwayatkan Bukhari dan Muslim, dikatakan bahwa:

"Rasulullah SAW adalah orang yang sangat murah dengan sumbangan. Namun, saat beliau paling bermurah adalah di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril."

7. Berbagi makananberbuka puasa

Berbagi Makanan
Ilustrasi berbagi makanan (unsplash.com/@rumahzisugm)

Berbagi makanan dengan orang yang berbuka puasa juga bisa menjadi salah satu amalan di bulan Ramadhan.

Diriwayatkan dalam hadist HR. At-Tarmidzi:

"Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang itu."

8. Berbicara baik dan menjaga perbuatan

menjaga bicara saat ramadhan
Ilustrasi menjaga bicara (unsplash.com/@benwhitephotography)

Perkataan kotor, keji, dan membawa kefasikan juga kejahatan, patut untuk dihindari di bulan Ramadhan. Tak hanya itu, menjaga perbuatan tercela juga sangat penting, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Betapa banyak orang berpuasa yang tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali hanya lapar saja." (HR. Ahmad)

9. Memperbanyak berdoa

Ilustrasi berdoa (unsplash.com/Faseeh Fawaz)

Berdoa sebanyak-banyaknya juga dapat menjadi amalan di bulan Ramadhan. Hal ini karena bulan Ramadhan dipenuhi dengan keberkahan.Rasulullah SAW bersabda:

"Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpauasa di dalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang." (HR. An-Nasai)

10. Perbanyak Istigfar

Tasbih istigfar
Ilustrasi tasbih (unsplash.com/@ablossomingsoul)

Mengucap istigfar sebanyak-banyaknya juga dapat menjadi amalan di bulan Ramadhan. Sebab, selama bulan Ramadan pintu pengampunan selalu terbuka lebar.


Itulah amalan yang dapat dijalankan saat bulan Ramadhan. Pastikan kamu mengamalkan beberapa amalan di atas agar kamu bisa kembali fitrah di bulan Ramadhan.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik