Trekking ke Gunung Rinjani Mulai dari Sejutaan, Hanya di Mister Aladin

Trekking ke Gunung Rinjani Mulai dari Sejutaan, Hanya di Mister Aladin

Gaya Hidup | okezone | Selasa, 15 Maret 2022 - 22:09
share

WISATA alam memang selalu menawarkan beragam cara bagi kita untuk merileksasi pikiran dan beristirahat sejenak dari kesibukan sehari-hari. Alam menyuguhkan pemandangan indah yang bisa membuat kita lebih tenang dan juga merasa damai. Tidak heran banyak wisatawan memilih gunung sebagai destinasi wisata. Gunung memiliki udara yang sejuk dan bersih sehingga cocok untuk menyegarkan pikiran kita.

Terdapat banyak manfaat mendaki gunung di sisi kesehatan. Mulai dari membantu tubuh untuk membakar kalori, meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, hingga memberikan manfaat untuk kesehatan otak.

Di Indonesia terdapat banyak gunung yang cocok dikunjungi para wisatawan, salah satunya adalah Gunung Rinjani di Lombok yang eksotis. Memiliki ketinggian 3.726 mdpl, Rinjani digadang-gadang menjadi wisata trekking terbaik di Asia Tenggara. Supaya lebih mengenal gunung satu ini, berikut beberapa fakta menarik tentang Gunung Rinjani:

1. Seven Summits Indonesia

Rinjani adalah salah satu gunung yang masuk ke dalam deretan seven summits Indonesia, yaitu gunung-gunung dengan puncak tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggiannya yang mencapai 3.726 mdpl membuat Gunung Rinjani berada di urutan ketiga setelah puncak Gunung Cartenz di Gunung Jayawijaya dan Gunung Kerinci di Jambi.

2. Julukan Gunung Pantai

Dijuluki sebagai gunung pantai karena adanya hamparan padang sabana yang begitu luas. Padang savana ini juga memiliki sangat sedikit pohon, jadi tak heran jika udaranya terasa panas. Cuaca yang cukup panas ini memberikan rasa panas seolah sedang berjalan di tepi pantai.

3. Gunung Rinjani memiliki danau vulkanik terbesar di dunia

Tahukah Anda bahwa gunung ini memiliki danau yang luas dan besar? Ya, Rinjani memang semenakjubkan itu. Pasalnya, Gunung Rinjani memiliki Danau Segara Anak yang menjadi danau vulkanik terbesar di dunia yang berada di ketinggian 2.003 mdpl. Suhu permukaan danau lebih hangat dan suhu harian dari airnya berkisar antara 20-22 derajat celcius.

4. Fenomena Topi Awan

Topi awan merupakan gumpalan awan putih tebal pernah melingkari puncak Gunung Rinjani. Hal ini membuat banyak orang mencoba memotret fenomena ini. Fenomena topi awan tak hanya sekali terjadi, namun kondisi \'topi awan\' pada Juli 2019 terbilang sempurna. Lingkaran awan putih berlangsung sejak pukul 07.00-09.30 dengan warna dan ketebalan yang berganti-ganti.

5. Anak Gunung Rinjani disebut Gunung Barujari

Gunung Barujari ini hanya memiliki tinggi 2.376 mdpl saja. Jika diukur dari permukaan laut, Gunung Barujari tak terlihat menjulang tinggi apabila dilihat dari Danau Segara Anak. Gunung ini juga pernah meletus beberapa kali.

Bagi Anda yang ingin hiking atau trekking di tengah hamparan keindahan Gunung Rinjani, Anda bisa mulai merencanakan pendakian dari sekarang. Dengan harga mulai Rp1.350.000 Anda bisa mendapatkan paket trip pendakian Gunung Rinjani, sudah termasuk transportasi Jakarta Lombok (PP), surat izin masuk kawasan konservasi, porter tenda dan logistik, makan, tenda, dll. Silakan akses informasi lengkapnya melalui link ini:

https://www.misteraladin.com/explore/product/trip-pendakian-gunung-rinjani-by-savana-adv.

Cek info lengkap mengenai berbagai aktivitas wisata pendakian (hiking trips) lainnya yang tersedia di halaman https://bit.ly/3KiOCJZ .

Topik Menarik