5 Kebiasaan Baik untuk Menjaga Ginjal Tetap Sehat

5 Kebiasaan Baik untuk Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Gaya Hidup | yesdok.com | Senin, 14 Maret 2022 - 12:10
share

Ginjal Anda adalah organ vital dalam tubuh. Mereka bekerja untuk memurnikan darah dan membantu menghilangkan limbah dari tubuh.

Banyak orang meninggal karena gagal ginjal secara global. Selain itu, ada banyak penyakit ginjal kronis yang berakibat fatal. Berikut ini adalah kebiasaan penting yang bisa Anda tiru untuk menjaga ginjal tetap sehat.

Perbanyak minum air putih

Selalu menjaga diri Anda terhidrasi dan pastikan Anda minum cukup air setiap hari. Ini sangat penting jika Anda ingin menjaga kesehatan ginjal Anda.

Kebiasaan minum banyak air ini secara sadar mengurangi kemungkinan batu ginjal dan penyakit ginjal kronis.

Pola makan sehat

Diet seimbang memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. Cobalah untuk menghindari junk food atau makanan olahan dan sertakan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dalam diet Anda.

Tetap bugar

Berolahraga secara teratur dan tetap aktif. Ini akan membantu Anda membangun sistem kekebalan yang baik, yang pada gilirannya akan membuat Anda lebih kuat.

Berolahraga secara teratur membuat jantung Anda tetap sehat dan mengurangi risiko penyakit ginjal kronis. Selalu awasi indeks massa tubuh Anda.

Hindari Rokok dan Minum Alkohol

Ingatlah bahwa segala jenis kecanduan seperti merokok atau minum tidak baik untuk kesehatan Anda. Merokok juga dapat menyebabkan beberapa penyakit ginjal kronis.

Kebiasaan buruk ini dapat merusak pembuluh darah Anda. Selain itu, konsumsi alkohol mempengaruhi kemampuan ginjal untuk menyaring darah.

Jangan sering-sering minum obat penghilang rasa sakit

Obat penghilang rasa sakit mungkin memberi Anda beberapa bantuan sementara dari berbagai masalah, namun, jangan menjadikannya kebiasaan karena dapat merusak ginjal. Jangan mengkonsumsi obat pereda nyeri tanpa resep dokter.

Topik Menarik