8 Budaya Indonesia yang Pernah Dicuri Malaysia, Bikin Jiwa Nasionalisme Auto Membara

8 Budaya Indonesia yang Pernah Dicuri Malaysia, Bikin Jiwa Nasionalisme Auto Membara

Gaya Hidup | okezone | Senin, 7 Maret 2022 - 13:04
share

8 BUDAYA Indonesia yang pernah dicuri oleh Malaysia. Keanekaragamanan suku bangsa, bahasa, etnis dan budaya yang dimiliki Indonesia memberikan pengaruh serta peranan besar sekaligus menjadi dasar ketahanan nasional serta pemersatu bangsa.

Selain itu, warisan budaya juga telah menjadi ciri dan identitas bangsa Indonesia. Hanya saja keberagaman warisan yang ada acap kali menjadi objek klaim yang membuat hubungan Indonesia dengan Malaysia memanas.

Adapun kasus terbaru berkaitan tentang kolaborasi Adidas dengan Desainer Malaysia Jaemy Choong. Adidas Singapura membagikan desain sepatu seri terbaru yang bertema wayang kulit dan ditulis sebagai warisan Malaysia.

Tak butuh waktu lama, warganet kemudian menumpahkan kekesalannya karena Adidas Singapura mengklaim wayang kulit berasal dari Malaysia. Adidas Singapura pun akhirnya minta maaf setelah diprotes warganet Indonesia.

Lantas, budaya apa saja yang pernah menjadi objek klaim Malaysia? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut ini.

Wayang Kulit

Warisan budaya yang kental dengan unsur magis satu ini termasuk budaya Indonesia yang berasal dari pulau Jawa. Tahukah kamu bahwa kebudayaan wayang kulit pernah diklaim Malaysia sebagai kebudayaan mereka?

Malaysia beranggapan, banyaknya perantau yang sudah menetap dan mempertunjukan wayang kulit di Malaysia menjadikan wayang kulit sebagai kebudayaan mereka.

Negara ASEAN penghasil wanita cantik

Akhirnya, klaim Malaysia pun terbantahkan sejak 27 November 2003, di mana UNESCO mengakui bahwa wayang kulit sebagai warisan budaya asli Indonesia.

Batik

Batik menjadi salah satu budaya Indonesia yang ikonik. Bagaimana tidak? Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas batik sendiri-sendiri. Maka tak heran, batik menjadi warisan budaya asli Indonesia. Namun, siapa sangka jika Batik juga pernah diklaim oleh Malaysia.

Hingga pada akhirnya Indonesia melayangkan notes keberatan kepada negara tersebut sekaligus mendaftarkan batik ke UNESCO pada 3 September 2008. Adapun pengakuan yang sah sendiri, bahwa batik adalah warisan budaya Indonesia baru didapat pada 2 Oktober 2009.

Reog Ponorogo

Dari namanya saja sudah tahu bahwa Reog Ponorogo merupakan budaya asli dari Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia. Meski begitu, tetap saja Malaysia mengklaim bahwa Reog Ponorogo merupakan kebudayaan mereka.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Dato\' Zainal Abidin Mahamad Zain kemudian meluruskan tak pernah mengklaim kesenian-kesenian asal Indonesia. Reog Ponorogo masuk Malaysia dibawa para pendatang.

Topik Menarik