Makan Buah Ini Biar Kolesterol Tinggi Ambrol, Wajib Ada di Rumah, Moms!

Makan Buah Ini Biar Kolesterol Tinggi Ambrol, Wajib Ada di Rumah, Moms!

Gaya Hidup | herstory | Rabu, 2 Maret 2022 - 19:40
share

Tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) bisa menyebakan lemak menumpuk dan mengeras di dinding pumbuluh darah. Nah, buah-buahan bisa membantu menurunkan kolesterol karena mengandung serat [yang larut dalam air.

Kalu kamu lebih suka melakukan cara alami untuk menurunkan kolesterol, ada berbagai pilihan buah untuk menurunkan kadar koelsterol tinggi. Beberapa buah tersebut, meliputi:

1. Tomat

Sebuah penelitian yang dimuat dalam British Journal of Nutrition juga menyatakan bahwa tomat dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Selain itu, jus tomat juga mampu meningkatkan kemampuan LDL dalam tubuh untuk kebal terhadap proses oksidasi.

2. Jeruk

Jeruk termasuk salah satu buah penurun kolesterol. Pasalnya, salah satu jenis buah sitrus ini kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus.

Buah penurun kolesterol ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol.

3. Pepaya

Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase. Enzim ini yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

Oleh karenanya, buah pepaya dapat mencegah terjadinya plak yang menutupi pembuluh darah.

4. Alpukat

Alpukat dapat menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, buah ini juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

Topik Menarik