Ini Harga Egg Freezing yang Dilakukan Luna Maya

Ini Harga Egg Freezing yang Dilakukan Luna Maya

Gaya Hidup | okezone | Senin, 28 Februari 2022 - 17:55
share

JAKARTA - Artis Luna Maya beberapa waktu lalu bercerita bahwa dirinya telah melakukan sebuah proses Egg Freezing atau pembekuan sel telur yang sudah diambil dari dalam tubuhnya. Sontak netizen pun bertanya-tanya proses apakah Egg Freezing tersebut, apa bedanya dengan bayi tabung hingga berapa biayanya?

Beberapa pertanyaan diatas menjadi topik yang dibahas oleh dr. Nadia Alaydrus dalam episode terbaru Podcast Kata Dokter miliknya.

Luna Maya

Menurut dr. Nadia pada podcast tersebut, perbedaan yang mendasar dari Egg Freezing dengan bayi tabung adalah sel telur yang tidak langsung ditemukan oleh sel sperma untuk melakukan pembuahan. Menurutnya ada beberapa alasan kenapa seseorang melakukan Egg Freezing.

Dari berbagai sumber yang saya baca, wanita seiring berjalannya waktu, produksi sel telurnya akan menurun. Jadi kalau ada waktu sel terus masih sehat, sangat bermanfaat kalau dilakukan egg freezing. jelas dr. Nadia.

Perihal harga yang harus dibayarkan untuk melakukan proses ini pun juga tidak murah

Kalau di luar negeri, proses Egg Freezing ini memakan biaya antara 15 ribu sampai 20 ribu USD, atau sekitar 215 sampai 286 juta Rupiah, ungkap dr. Nadia.

Masih dalam episode Podcast Kata Dokter, dr. Nadia juga menjelaskan bahwa ada hukum yang mengatur Egg Freezing ini di Indonesia antara lain, ketika sel telur ingin dikawinkan dengan sel sperma, harus dengan pasangan suami yang sah dan masih belum boleh dilakukan donor.

Selengkapnya mengenai Egg Freezing, pembaca bisa langsung mendengarnya di episode ke-35 Podcast Kata Dokter yang bisa didengarkan secara gratis di AUDIO+ di aplikasi RCTI+.

Link embed: https://radio.rctiplus.com/player-music?contentType=podcast&contentId=8075

#podcast #lunamaya #eggfreezing

Topik Menarik