Loading...
Loading…
Konsumsi Cokelat Tapi Tak Bikin Gemuk? Begini Aturannya!

Konsumsi Cokelat Tapi Tak Bikin Gemuk? Begini Aturannya!

Gaya Hidup | jatimtimes.com | Minggu, 27 Februari 2022 - 09:01

JATIMTIMES - Cokelat menjadi salah satu makanan yang difavoritkan banyak orang. Cita rasanya yang enak dan khas ini mampu menaikkan mood pemakannya.

Sayangnya, makanan yang satu ini kerap seakan menjadi musuh bagi pelaku diet. Hal ini karena, memakan cokelat dinilai memiliki efek dapat menaikkan berat badan dalam waktu singkat.

Padahal, tidak begitu adanya. Mengonsumsi cokelat dengan cara yang tepat justru bisa membantu program diet kamu lho. Kok bisa? Berikut aturan makan cokelat yang tepat agar tak bikin tubuh gemuk.

Pemilihan cokelat hitam bisa dikonsumsi saat diet. Kandungan lemak jenuhnya dapat meningkatkan kerja metabolisme tubuh untuk membakar kalori lebih banyak.

Sehingga, menjadikan kalori diubah menjadi energi untuk diserap menjadi lemak dalam tubuh berkurang. Tak hanya itu, lemak tak jenuh dalam cokelat hitam juga mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah, yang dapat mencegah tingginya kadar hormon insulin di dalam tubuh.

Kadar insulin yang tinggi dapat menghentikan proses pembakaran lemak yang berakibat pada timbulnya rasa lapar walaupun sudah makan. Dengan kata lain, cokelat hitam dapat membuatmu merasakan kenyang yang lebih lama.

Sehingga, kamu akan terhindar dari nafsu makan berlebih saat program diet. Tapi, ada beberapa aturan yang harus diterapkan agar mengonsumsi cokelat hitam bisa menurunkan berat badan.

Di antaranya, dengan mengonsumsi sekitar 20 30 menit sebelum makan. Hal ini akan membantu mengurangi keinginan makan banyak. Akan lebih efektif pula jika kamu menerapkan ini sebelum jam makan malam.

Selanjutnya, perhatikan jumlah cokelat yang akan dikonsumsi. Meski cokelat hitam merangsang proses pembakaran lemak, kamu tetap perlu memperhatikan jumlahnya.

Sebab, jika berlebihan, alih-alih menurunkan berat badan, justru akan menjadikanmu mengalami berbagai permasalahan lain seperti sulit tidur, dehidrasi dan terlalu bersemangat. Menurut para ahli, jumlah yang disarankan untuk mendukung program dietmu sebesar 30 gram cokelat per hari.

Berikutnya, mengonsumsi cokelat hitam tanpa campuran apapun. Meski identik dengan rasa pahit, jangan coba-coba untuk menambahkan gula, madu, susu atau produk apapun agar rasanya menjadi lebih manis ya.

Hal ini berguna untuk proses penurunan berat badanmu lebih cepat. Walaupun sudah mengonsumsi cokelat, jangan lupa untuk selalu dibarengi dengan pola makan yang sehat serta olahraga yang teratur ya.

Original Source

Topik Menarik