WHO : Omicron BA.2 Varian yang Menjadi Perhatian, Lebih Menular daripada BA.1

WHO : Omicron BA.2 Varian yang Menjadi Perhatian, Lebih Menular daripada BA.1

Gaya Hidup | bisnis.com | Rabu, 23 Februari 2022 - 08:50
share

Bisnis.com, JAKARTA - Kelompok Penasihat Teknis WHO mengungkap bukti terbaru tentang varian Omicron yang menjadi perhatian, termasuk sublineage BA.1 dan BA.2.

Berdasarkan data transmisi, keparahan, infeksi ulang, diagnostik, terapi, dan dampak vaksin yang tersedia, kelompok tersebut menegaskan bahwa subgaris keturunan BA.2 harus terus dianggap sebagai varian yang menjadi perhatian dan harus tetap diklasifikasikan sebagai Omicron. Kelompok tersebut menekankan bahwa BA.2 harus terus dipantau sebagai subgaris yang berbeda dari Omicron oleh otoritas kesehatan masyarakat.

Melansir laman resmi WHO, disebutkan jika varian Omicron yang menjadi perhatian saat ini merupakan varian dominan yang beredar secara global, terhitung hampir semua urutan yang dilaporkan ke GISAID. Omicron terdiri dari beberapa sublineage, masing-masing dipantau oleh WHO dan mitra. Dari mereka, yang paling umum adalah BA.1, BA.1.1 (atau Nextstrain clade 21K) dan BA.2 (atau Nextstrain clade 21L). Pada tingkat global, proporsi urutan dilaporkan yang ditunjuk BA.2 telah meningkat relatif terhadap BA.1 dalam beberapa minggu terakhir, namun sirkulasi global semua varian dilaporkan menurun.

BA.2 berbeda dari BA.1 dalam urutan genetiknya, termasuk beberapa perbedaan asam amino dalam protein spike dan protein lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa BA.2 memiliki keunggulan pertumbuhan dibandingkan BA.1. Studi sedang berlangsung untuk memahami alasan keuntungan pertumbuhan ini, tetapi data awal menunjukkan bahwa BA.2 muncul secara inheren lebih menular daripada BA.1, yang saat ini tetap menjadi sublineage Omicron paling umum yang dilaporkan.

Perbedaan dalam transmisibilitas ini tampaknya jauh lebih kecil daripada, misalnya, perbedaan antara BA.1 dan Delta. Selanjutnya, meskipun urutan BA.2 meningkat secara proporsional relatif terhadap sublineage Omicron lainnya (BA.1 dan BA.1.1), masih ada penurunan yang dilaporkan dalam keseluruhan kasus secara global.

Studi mengevaluasi risiko infeksi ulang dengan BA.2 dibandingkan dengan BA.1. Infeksi ulang dengan BA.2 setelah infeksi BA.1 telah didokumentasikan, namun, data awal dari studi reinfeksi tingkat populasi menunjukkan bahwa infeksi dengan BA.1 memberikan perlindungan yang kuat terhadap infeksi ulang dengan BA.2, setidaknya untuk periode yang terbatas. data tersedia.

Saat mencapai penentuan di atas, TAG-VE juga melihat data laboratorium awal dari Jepang yang dihasilkan menggunakan model hewan tanpa kekebalan terhadap SARS-CoV-2 yang menyoroti bahwa BA.2 dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah pada hamster dibandingkan dengan BA.1. Mereka juga mempertimbangkan data dunia nyata tentang tingkat keparahan klinis dari Afrika Selatan, Inggris, dan Denmark, di mana kekebalan dari vaksinasi atau infeksi alami tinggi: dalam data ini, tidak ada perbedaan tingkat keparahan yang dilaporkan antara BA.2 dan BA.1 .

"WHO akan terus memantau dengan cermat garis keturunan BA.2 sebagai bagian dari Omicron dan meminta negara-negara untuk terus waspada, untuk memantau dan melaporkan urutan, serta untuk melakukan analisis independen dan komparatif dari subgaris keturunan Omicron yang berbeda," tulis pernyataan mereka.

TAG-VE bertemu secara teratur dan terus membahas data yang tersedia tentang penularan dan tingkat keparahan varian, dan dampaknya terhadap diagnostik, terapi, dan vaksin

Topik Menarik