Pentingnya Kenalkan Aktivitas Fisik pada Anak Sejak Dini

Pentingnya Kenalkan Aktivitas Fisik pada Anak Sejak Dini

Gaya Hidup | yesdok.com | Minggu, 20 Februari 2022 - 17:40
share

Menjadikan aktivitas fisik, latihan fisik, maupun olahraga sebagai bagian dari keseharian seorang anak tidak hanya menyenangkan bagi mereka, tapi juga menyehatkan.

Mendorong anak untuk aktif sejak dini akan menjadikan bergerak sebagai sebuah kebutuhan rutin untuk menjadi sehat, bugar, dan berprestasi sepanjang kehidupan mereka.

Segala kegiatan yang membuat tubuh bergerak dapat digolongkan sebagai aktivitas fisik (physical activity), termasuk di dalamnya adalah latihan fisik (exercise) dan olahraga (sport).

Manfaat Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik bermanfaat bagi pertumbuhan fisik dan mental. Hal ini tentu saja akan memberikan berbagai keuntungan fisik dan psikologis bagi seorang anak, karena dapat mengoptimalkan proses tumbuh kembang dengan meningkatkan kekuatan otot dan tulang, meningkatkan fokus dan kinerja serta pembelajaran skolastik, meningkatkan suasana hati, dan menurunkan risiko beberapa penyakit terkait gaya hidup.

Berkurangnya aktivitas fisik tentu saja akan menurunkan tingkat kebugaran serta akan menimbulkan masalah kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu, sangat penting untuk menanamkan kebiasaan melakukan latihan fisik secara teratur pada anak.

Seorang anak yang aktif akan cenderung tumbuh menjadi aktif pada masa dewasa dan terus menuai keuntungan dari gaya hidup aktif sepanjang hidup mereka. Anak yang terbiasa aktif bergerak sejak dini terbukti lebih terbuka pada pengalaman baru sehingga selalu ingin mencoba hal-hal baru, termasuk tetap aktif berolahraga dan senantiasa menjaga kebugarannya.

Namun, harus pula dipahami bahwa manfaat anak aktif melakukan latihan fisik maupun olahraga sejak dini hanya bisa memiliki dampak positif terutama bagi kesehatan apabila dilakukan secara rutin dan teratur.

Rekomendasi Aktivitas Fisik

World Health Organization (WHO)telah memberikan rekomendasi aktivitas fisik bagi anak sebagai berikut:

1. Minimal 60 menit setiap hari melakukan aktivitas fisik intensitas sedang hingga berat sepanjang minggu, dengan sebagian besar adalah aktivitas yang bersifat aerobik.

2. Minimal 3 kali per minggu melakukan aktivitas fisik intensitas berat untuk meningkatkan kekuatan otot dan menambah massa tulang.

Topik Menarik