Turunkan Kolesterol Tanpa Obat, Cukup Konsumsi Buah-buahan Ini

Turunkan Kolesterol Tanpa Obat, Cukup Konsumsi Buah-buahan Ini

Gaya Hidup | herstory | Kamis, 17 Februari 2022 - 12:00
share

Saat ini banyak orang yang mengeluhkan mengalami masalah kesehatankolesterol tinggi. Kolesterol merupakan senyawa kimia yang dibutuhkan tubuh sebagai bahan penyusun berbagai hormon seperti testosteron dan estrogen serta untuk membran sel disebut kolesterol.

Sekitar 80% kolesterol dalam tubuh diproduksi oleh hati, dan sisanya berasal dari makanan kita dalam bentuk produk susu, telur, daging, minyak dan lain-lain. Itu berarti kolesterol tinggi faktornyaberasal dari gaya hidup dan pola makan yang dijalani.

Jika kadarkolesterol tinggikamu bisa menurunkannya dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Misalnya dengan rutin mengonsumsi buah-buahan.

Dilansir dari Boldsky (17/2/2022) berikut ini beberapabuahyang aman dan baik dikonsumsi jika kamu yang ingin menurunkan kolesterol:

Tomat

Tomatdianggap sebagai pilihan yang paling baik untuk mengurangi kolesterol, risiko masalah jantung, atau tekanan darah tinggi.

Tomat kaya akan vitamin A, B, C, dan K yang sangat baik bagi jantung, serta memiliki manfaat untuk mata dan kulit.

Pepaya

Buah ini memiliki kandungan serat yang luar biasa dan tidak mengandung kolesterol.Pepayamembantu dalam mengatur kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan mengurangi tekanan darah.

Apel

Konsumsi satu buah apel sehari bisa menjauhkan risiko tubuh dari penyakit.Apelpenuh dengan berbagai manfaat kesehatan termasuk kemampuan untuk mengelola kadar kolesterol. Kadar kolesterol LDL berkurang dengan konsumsi apel secara teratur, karena adanya antioksidan polifenol dan serat pektin dalam apel.

Buah jeruk

Kehadiran hesperidin dalam buahjeruk, seperti, lemon dan jeruk bali membantu mengurangi hipertensi dan serat pektin bersama dengan senyawa limonoid yang tidak membuat arteri mengeras dan juga mengurangi kolesterol jahat (LDL). Makan buah jeruk secara teratur adalah cara yang baik untuk menjaga kolesterol tetap terkendali.

Alpukat

Alpukatpopuler di kalangan pasien tekanan darah tinggi. Buah ini mengandung lemak tak jenuh tunggal dan vitamin C, B5, B6, E, dan K, yang membantu menjaga kesehatan jantung, mengurangi kemungkinan stroke, dan mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL.

Anggur

Anggurmengandung senyawa pterostilbene bersama dengan serat pektin, yang dapat mengurangi kadar kolesterol LDL yang tinggi serta trigliserida dalam tubuh.

Topik Menarik