Tips dari Ahli untuk Mengubah Pola Makan Menjadi Lebih Sehat

Tips dari Ahli untuk Mengubah Pola Makan Menjadi Lebih Sehat

Gaya Hidup | yesdok.com | Selasa, 15 Februari 2022 - 18:40
share

Menjalani hidup yang lebih lama dan lebih sehat dapat dimulai dari diet Anda. Penelitian menemukan, Anda bisa hidup sehat lebih lama jika Anda makan sedikit daging merah dan olahan, mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Menurut penelitian, keuntungan terbesar dalam umur panjang ditemukan dari makan lebih banyak kacang-kacangan, yang meliputi kacang-kacangan, kacang polong, lentil, walnut, almond, pecan, dan pistachio.

Diet bisa menjadi tanda vital seperti tekanan darah, suhu dan denyut nadi, kata Dr. David Katz, seorang spesialis kedokteran pencegahan, gaya hidup dan nutrisi.

Ingin menjadi lebih sehat? Berikut adalah cara yang direkomendasikan ahli untuk mengubah pola makan Anda menjadi lebih baik.

Lacak kebiasaan makan Anda saat ini

Banyak dari kita makan tanpa berpikir, tidak benar-benar memahami semua yang kita masukkan ke dalam mulut. Itulah mengapa menyadari kebiasaan makan Anda yang sebenarnya adalah langkah pertama, kata ahli gizi terdaftar Kathleen Zelman.

"Tuliskan semua yang Anda makan selama sehari dan sertakan detail seperti waktu, lokasi, dan faktor lain yang mempengaruhi kebiasaan diet Anda," kata Zelman. "Kemudian duduk, lihat lebih dekat, dan buat rencana tentang bagaimana Anda bisa melakukan yang lebih baik."

Jangan mencoba menjadi sempurna ketika Anda mulai mengubah pola makan. Mulai perlahan dan terus tingkatkan.

Hilangkan gula dari sarapan

Mulailah hari Anda dengan lebih sehat dengan menghilangkan gula dari sarapan, saran Dina Aronson, ahli diet yang berfokus pada penilaian pola makan dan perubahan perilaku kesehatan.

"Ada begitu banyak manfaat untuk memotong gula sejak makan pertama hari itu," katanya. "Gula darah Anda tetap rata; energi dan kreativitas Anda tetap tinggi, dan itu menentukan pola untuk hari itu.

"Memikirkan kembali sarapan adalah pendekatan yang ampuh untuk mengubah kebiasaan karena itu adalah makanan yang dimiliki kebanyakan orang setiap hari," katanya.

Makan tanpa daging

Cara paling sederhana untuk mulai makan lebih banyak tumbuhan adalah dengan mengganti satu kali makan daging sehari dengan pilihan nabati atau biji-bijian, kata para ahli.

Mulailah dengan makan siang, tambahkan lentil, biji-bijian atau kacang-kacangan ke dalam salad tanpa daging membantu meningkatkan kadar gula darah secara perlahan, yang memberi otak Anda energi yang dibutuhkan untuk melewati hari.

Pola makan seperti ini juga mengurangi makan berlebihan di malam hari, kata para ahli.

Makan apa yang kamu suka

Kita semua tahu bahwa makan buah dan sayuran baik untuk kita, tetapi biasanya bukan makanan favorit kita. Namun agar kebiasaan baru ini dapat bertahan, Anda perlu menikmati makanan yang lezat dan sehat, kata Aronson.

"Bagaimana Anda bisa menikmati makanan sehat sehingga tidak pernah menjadi hukuman dan selalu hadiah? Cari tahu apa yang Anda sukai," kata Aronson. "Suka barbekyu? Panggang kembang kol dengan olesan barbekyu. Lezat!

"Bekerjalah dengan seorang ahli atau pikirkan cara untuk memasukkan rasa makanan yang Anda sukai ke dalam rutinitas harian Anda hingga menjadi kebiasaan untuk memakan makanan tersebut," katanya.

Topik Menarik