Loading...
Loading…
Minta Kepala Daerah Serius Tangani Covid-19

Minta Kepala Daerah Serius Tangani Covid-19

Gaya Hidup | koran-jakarta.com | Selasa, 15 Februari 2022 - 00:00

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, meminta kepala daerah di daerahnya mampu menangani Covid-19 di kabupaten dan kota dengan serius. Hal ini untuk mengendalikan sebaran kasus virus korona varian Omicron yang penyebarannya sedang meluas.
"Dalam penanggulangan Covid-19 di kabupaten dan kota harus serius dalam menangani ini," ujar Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Senin (14/2).
Dalam mengantisipasi Covid-19 varian tersebut, ia menginstruksikan kepada bupati dan wali kota agar menyiapkan sejumlah sarana prasarana penunjang penanggulangan Covid-19. "Sarana isolasi dan karantina terpusat di kabupaten serta kota dipersiapkan. Lalu, percepatan vaksinasi primer harus dilakukan secara masif dan serentak untuk mengejar target vaksinasi," tegasnya.
Ia melanjutkan, selain percepatan vaksinasi dosis primer, juga perlu dilakukan vaksinasi penguat. Sesuai perintah Presiden, percepatan vaksinasi harus dilakukan. Oleh karena itu, para bupati/wali kota jangan lalai, dengan segera melakukan langkah-langkah percepatan vaksinasi.
Menurutnya, selain melakukan percepatan vaksinasi, daerah juga perlu mengintensifkan penelusuran kasus, tes Covid-19 dan perawatan bagi warga yang terpapar. "Pantau terus kasus yang sedang isolasi dan karantina, kemudian laporkan kasus hasil penapisan kasus Covid-19 kepada dinas kesehatan," katanya.
Kepada setiap daerah, Arinal meminta untuk kembali mengaktifkan posko PPKM Mikro di desa, kelurahan, hingga RT/RW. Selanjutnya, perlu melakukan penegakan protokol kesehatan, memaksimalkan aplikasi PeduliLindungi di area publik. Semua wilayah laporkan kasus positif dan tidak menutupinya agar bisa dilakukan isolasi serta penanganan.
Ia mengingatkan juga agar penegakan protokol kesehatan dapat kembali giat disosialisasikan kepada masyarakat serta mengendalikan mobilitas masyarakat. "Apa yang telah disampaikan hari ini, diharapkan kepada bupati dan wali kota agar langsung ditindaklanjuti secara di daerahnya masing-masing," ucapnya. hay/Ant

Original Source

Topik Menarik

{