Merapat Moms! 6 Tips Kesehatan dan Kecantikan bagi Wanita di Usia Senja

Merapat Moms! 6 Tips Kesehatan dan Kecantikan bagi Wanita di Usia Senja

Gaya Hidup | herstory | Jum'at, 11 Februari 2022 - 23:10
share

Sebagai peringatan menyambut Hari Kesehatan Wanita Dunia yang jatuh pada 12 Februari, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menyelenggarakan webinar bertajuk Perempuan: Sehat dan Cantik sampai Tua (11/2/2022).

Acara berlangsung kondusif dengan banyaknya antusias dari wanita berbagai penjuru Indonesia. Banyak yang penasaran bagaimana rahasia wanita agar tetap tampil cantik meski di usia senja.

Rasa penasaran tersebut dijawab oleh ahli geriatri Siti Setiati selaku pembicara. Ia memaparkan tips untuk tetap sehat yang ternyata dapat dimulai sejak dini. Ada beberapa faktor yang dapat memperlambat atau mencegah timbulnya penyakit kronik di usia tua.

Nutrisi

"Kita adalah produk dari apa yang kita makan dan apa yang kita lakukan," ungkap Siti Setiati memulai pembahasan soal tips cantik dan sehat di usia tua.

Menurutnya, sangat penting untuk memerhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Tak hanya itu, aktivitas fisik juga merupakan kunci penting untuk mempertahankan kesehatan.

Menyinggung soal pola makan, Siti Setiati menegaskan bahwa pembatasan makan atau diet yang sehat dengan makan secukupnya dapat memperpanjang hidup (longevity). Hal itu terjadi sebab adanya hubungan antara diet dan sistem metabolisme yang terjadi dalam tubuh.

Jadi, ada baiknya untuk membatasi makan dengan catatan tetap memenuhi nutrisi harian ya, Moms. Puasa adalah salah satu alternatif pilihan yang direkomendasikan untuk mengurangi berat badan dan mampu menghasilkan sensitivitas insulin yang lebih tinggi.

Olahraga

Seiring dengan pola makan yang sehat, olahraga adalah kegiatan wajib yang tidak boleh dilewatkan. Namun, aktivitas ini harus disesuaikan dengan kondisi tubuh, dapat dilihat dari usia dan kemampuan.

Bagi lansia, ada baiknya untuk melakukan olahraga yang melatih ketahanan seperti mengangkat beban ringan. Tak hanya itu, butuh pula olahraga fleksibilitas seperti melakukan gerakan sujud, dan miring ke samping yang diulang sekitar 10 menit tiap dua kali seminggu.

Jika lansia tidak pernah berolahraga sebelumnya, cukup lakukan gerakan ringan seperti latihan berdiri atau duduk. Kuncinya adalah tubuh harus tetap bergerak, yah.

Tidur cukup

Tidur adalah momen di mana tubuh memulihkan energi yang sudah habis terpakai di siang hari. Tidur berperan dalam pembentukan memori dan sistem imun.

Ada baiknya untuk tidur selama enam hingga delapan jam di malam hari. Ketika tidur tercukupi maka stres yang dirasakan juga akan berkurang.

Kelola stres

Berhubungan dengan stres, salah satu kunci untuk tetap sehat dan cantik bergantung pada kemampuan untuk mengelola stres, lho. Cobalah untuk melakukan hobi yang disukai sebagai pengalihan dari stres yang mungkin Moms rasakan.

Selain itu, Moms dapat mencoba aktivitas baru untuk menambah pengalaman seperti melukis, membaca, atau mulai membangun hubungan dengan orang terdekat.

Berhenti merokok

Rokok adalah salah satu sumber radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Pasalnya, kandungan yang ada dalam rokok dapat menurunkan sistem imun terhadap infeksi.

Hal ini kemudian menyebabkan tubuh rentan terkena penyakit. Penyakit mematikan yang mengintai di antara lain adalah gangguan jantung, paru-paru, hingga kanker.

Keterlibatan sosial

Memulai sebuah hubungan dengan orang lain menjadi salah satu sumber kebahagiaan bagi lansia. Pasalnya, dengan berinteraksi Moms akan merasakan keterlibatan sosial hingga koneksi emosional.

Ketika Moms memiliki banyak hubungan dengan orang lain maka akan timbul rasa berguna dalam hidup yang dapat memicu kebahagiaan. Seiring dengan itu, kehidupan terasa lebih berwarna dan kesehatan serta kecantikan juga ikut didapatkan.

Topik Menarik