Gejala Omicron dan Long Covid di Tubuh, Segera Cek!

Gejala Omicron dan Long Covid di Tubuh, Segera Cek!

Gaya Hidup | bisnis.com | Jum'at, 11 Februari 2022 - 19:37
share

Bisnis.com , JAKARTA Virus Covid-19 memang menyerang sistem pernapasan, namun efeknya dapat mempengaruhi ke beberapa organ sekaligus. Gejala ringan dan sedang dari infeksi virus Covid-19, khususnya varian Omicron, akan hilang dalam dua minggu. Anda yang terinfeksi parah dapat mengalami gejala selama berbulan-bulan atau disebut dengan istilah long covid .

Meskipun Covid-19 adalah infeksi pada sistem pernapasan, virus corona yang menular dapat memengaruhi beberapa organ sekaligus. Dalam kebanyakan kasus Covid-19, gejalanya hilang dalam 15 hari. Hanya mereka yang menderita infeksi parah yang harus menghadapi gejala buruk selama berbulan-bulan atau long covid .

Pada varian sebelumnya, yaitu Delta, penderitanya banyak yang mengalami kondisi ini. Varian Delta cukup mengancam dan menyebabkan gejala yang parah. Varian yang beredar saat ini, Omicron memang tidak sekuat Delta. Namun, pertanyaan penting yang masih perlu dijawab adalah dapatkah infeksi dari varian Omicron menyebabkan long covid seperti yang terjadi pada varian sebelumnya?

Tingkat keparahan dan infektivitas Omicron

Dibandingkan dengan varian Coid-19 sebelumnya, Omicron kurang berbahaya. Data yang dikumpulkan dari seluruh dunia selama masa puncak infeksi Omicron menunjukkan bahwa gejala varian mutan ini mirip dengan flu biasa. Pada kenyataannya, virus bahkan tidak menyebabkan masalah pernapasan yang parah. Dalam beberapa kasus infeksi Omicron, pasien hanya mengalami masalah perut atau gejala ringan seperti pilek. Namun, Omicron jauh lebih menular daripada varian virus corona sebelumnya

Gejala long covid

Jika Anda telah dinyatakan negatif Covid-19, pastikan gejala-gejalanya juga sudah hilang. Melansir dari Times of India, (11/2/2022), Anda mungkin akan mengalami long covid , jika merasakan gejala berikut:

1. Gejala tidak berkurang dalam 15 hari
2. Mengalami infeksi yang parah
3. Di rawat di rumah sakit
4. Muncul gejala setelah 90 hari infeksi awal
5. Kelelahan
6. Kabut otak/brain fog
7. Sesak napas
8. Cemas

Tanda-tanda COVID yang lama biasanya hilang seiring waktu. Tetapi dalam banyak kasus, pasien mungkin memerlukan rawat inap.

Long covid setelah Omicron

Beberapa orang mengalami gejala yang parah dan bahkan banyak yang kehilangan nyawa setelah terinfeksi varian Omicron. Meski belum ada laporan apakah Omicron bisa menyebabkan gejala Covid-19 yang berkepanjangan, tidak bisa dipungkiri ada kemungkinan hal itu terjadi.

Omicron merupakan salah satu varian mutan dari virus corona yang telah merenggut jutaan nyawa dalam dua tahun terakhir. Sehingga berpotensi menimbulkan kerusakan parah dan gejala yang berkepanjangan. Gejalanya bisa ringan dan sulit dikenali, tetapi gejala yang menetap setelah infeksi Omicron cukup mungkin terjadi. Mungkin diperlukan lebih banyak waktu untuk mengidentifikasi dengan jelas gejala COVID yang lama setelah infeksi Omicron.

Infeksi Covid-19 membuat tubuh kesulitan dan butuh waktu untuk membangun kekebalan imun. Jika Anda merawat diri dengan baik, kemungkinan menderita long covid akan minimal.

Pastikan makan yang sehat dan bergizi, tidur tepat waktu, berolahraga secara teratur, minum obat tepat waktu, dan kurangi stres untuk pemulihan yang cepat.

Topik Menarik