Jadi Menara Tertinggi di Dunia, Berikut 5 Fakta Menarik Seputar Jeddah Tower!

Jadi Menara Tertinggi di Dunia, Berikut 5 Fakta Menarik Seputar Jeddah Tower!

Gaya Hidup | indozone.id | Kamis, 10 Februari 2022 - 13:50
share

Jika selama ini kamu menganggap Burj Khalifa sebagai bangunan tertinggi di dunia, maka kamu harus memperbaikinya dengan memindah poisis Burj Khalifa di nomor dua. Sebab Jeddah Tower menjadi bangunan tertinggi di dunia yang memiliki tinggi sekitar 1,6 kilometer.

Wow!

Namun, eksistensi menara yang satu ini memang terkalahkan oleh Burj Khalifa lantaran tak sembarangan orang mampu memasuki gedung tertinggi di dunia ini. Meski begitu terdapat fakta menarik seputar Jeddah Tower atau akrab disebut Kingdom Tower.

Apa saja ya?

1. Simbol kota dan negara Arab Saudi

Jeddah Tower dibangun menjulang hingga mencapai 1.000 meter bukan hanya sebagai bangunan biasa. Melainkan Jeddah Tower memiliki arti dan makna atas pembangunannya yakni harapan pertumbuhan ekonomi Arab Saudi.

Selain itu, dengan adanya Jeddah Tower maka diharapkan Jeddah bakal menjadi kota tujuan bisnis, rekreasi dan kota yang modern di Arab Saudi.

2. Memiliki 59 elevator

Memiliki tinggi yang mencapai 1,6 kilometer, Jeddah Tower mempunyai 59 elevator untuk sampai dipuncaknya. Selain 59 elevator, menara ini juga memiliki 12 eskalator yang membantu kegiatan dan aktivitas di dalam gedung.

Alasan tak semua dicapai dengan elevator lantaran perubahan tekanan udara bisa memengaruhi tubuh dan menyebabkan orang mudah mual. Oleh karena itulah ditambahkan eskalator sebagai pengganti elevator.

3. Balkon tertinggi di dunia

Jeddah Tower memiliki balkon tertinggi di dunia yang semula digunakan untuk menjadi landasan helikopter. Namun seiring berjalannya waktu, balkon tersebut digunakan untuk melihat dan mengamati benda-benda langit karena berada di ketinggian 610 meter dari permukaan tanah.

4. Dikenal dengan sebutan lain

Seperti yang sudah disebut di atas, bahwa Jeddah Tower memiliki nama lainnya yakni Kingdom Tower. Selain disebut dengan Kingdom Tower, menara ini juga memiliki nama lain pula yaitu Mile-High lantaran dibangun setinggi 1.609 meter atau 1 mil.

5. Memiliki bentuk aerodinamis

Seperti yang kita ketahui, setiap gedung yang dibangun menjulang tinggi harus biasanya bentuknya harus di desain khusus yakni aerodinamis atau memperkirakan pergerakan angin.

Begitu pula dengan Jeddah Tower ini yang mana bangunan dibuat berbentuk segitiga agar bisa mengurangi tekanan dari angin. Alhasil menara bisa berdiri lebih seimbang karena tidak banyak terkena hembusan angin.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik