Angela Tanoesoedibjo Beberkan Program Kemenparekraf untuk Pemberdayaan Perempuan

Angela Tanoesoedibjo Beberkan Program Kemenparekraf untuk Pemberdayaan Perempuan

Gaya Hidup | okezone | Sabtu, 5 Februari 2022 - 16:11
share

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sangat mendukung pemberdayaan perempuan Indonesia. Demi terus mendorong mereka dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kemenparekraf pun turut menghadirkan beberapa program.

Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo dalam Konferensi Nasional Perempuan Indonesia 2022 : Gerakan dan Peran Perempuan untuk Perubahan Menuju Indonesia 2024 yang digelar Partai Perindo.

"Upaya yang dilakukan dalam pemberdayaan perempuan, kami dukung dari hulu sampai hilir," ujar Angela Tanoesoedibjo saat via daring, Sabtu (5/2/2022).

Angela Tanoesoedibjo lantas mengungkapkan upaya-upaya Kemenparekraf terakit pemberdayaan perempuan.

Upaya pertama adalah peningkatan daya saing. Dalam hal ini Kemenparekraf akan memberikan sertifikasi profesi maupun beragam pelatihan.

Pada 2022, Kemenparekraf berencana memfasilitasi sertifikasi kompetensi bagi 18.400 sumber daya manusia pariwisata dan 2000 untuk ekonomi kreatif.

Selanjutnya ada pula peningkatan kapasitas kewirausahaan. Menurut Angela, pihaknya akan membantu dalam pendampingan digital dan juga entrepreneurship.

"Karena kami yakin ketika kita meningkatkan jumlah pengusaha perempuan, maka mereka bisa turut mendukung pembentukan lingkungan usaha yang ramah perempuan," ujar Angela.

Kemudian, Kemenparekraf turut melakukan program upscalling sehinga para pelaku usaha di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif bisa lebih maju lagi melalui berbagai program. Seperti misalnya saja program hibah design.

"Jadi memberikan hibah design kemasan produk untuk umkm sehingga menjadi lebih menarik untuk dijual," tambahnya.

Topik Menarik