Setop KDRT! Gus Miftah: Nabi Muhammad SAW Tidak Pernah Memukul Istrinya

Setop KDRT! Gus Miftah: Nabi Muhammad SAW Tidak Pernah Memukul Istrinya

Gaya Hidup | indozone.id | Sabtu, 5 Februari 2022 - 15:14
share

Belakangan warganet dibuat gaduh dengan pernyataan Oki Setiana Dewi yang menyebut Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) sebagai aib keluarga.

Ungkapannya itu muncul dalam video lawas yang beredar di media sosial, saat ia mengisi acara ceramah beberapa tahun lalu. Selebritas berhijab itu dianggap menormalkan praktik kekerasan domestik yang seharusnya dihilangkan.

Menanggapi hal itu, Tokoh Nahdatul Ulama (NU) Miftah Maulana Habiburrahman atau yang lebih dikenal sebagai Gus Miftah menyebut Rasulullah SAW yang merupakan suri tauladan tidak pernah memukul istrinya.

Mengutip Hadits Riwayat Muslim, Gus Miftah mengatakan bahwa Rasulullah SAW tidak pernah memukul apa pun dengan tangannya, termasuk wanita dan pembantu.

"Hadits Aisyah tadi, di dalam kitab Majmu, di situ disebutkan hadits ini adalah dalil bahwa lebih utama tidak memukul istri," kata Gus Miftah melalui unggahan Instagramnya yang dilihat Indozone Sabtu (5/2/2022).

Lebih lanjut, Gus Miftah setuju dengan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (UU KDRT) agar istri yang mengalami kekerasan bisa didampingi oleh Komnas Perempuan dan mendapatkan hak-haknya.

Apalagi menurutnya seorang suami kadang-kadang berlebihan dalam melegitimasi dirinya sebagai pemimpin rumah tangga.

"Kadang-kadang, suami berlebihan dan terlalu jauh melegitimasi dirinya sebagai imam. Padahal, kadang belum bisa jadi imam yang baik, belum bisa menjadi pemimpin rumah tangga yang bertanggung jawab.

"Istri juga banyak membantu rumah tangga, ekonomi, mengasuh anak, menyelesaikan pekerjaan rumah, melayani suami. Maka kita tidak boleh sewenang-wenang terhadap istri," tegasnya.

Adapun mengenai materi ceramah Oki Setiana Dewi yang viral, Gus Miftah yakin sang pendakwah juga tidak bermaksud menormalisasi KDRT.

"Ustadzah Oki juga istri, kok. Saya yakin beliau tidak sepakat dengan KDRT. Mungkin, dugaan saya, pemilihan contoh dan diksi kalimat yang kurang pas," ujar Gus Miftah.

Seperti diketahui dalam video ceramahnya yang viral baru-baru ini, Oki Setiana Dewi menceritakan kisah seorang istri yang dipukul suaminya, namun memilih untuk tidak menceritakan hal tersebut kepada orangtuanya dengan dalih menutupi aib sang suami.

Ceramah tersebut menjadi kontroversi sebab dinilai menormalisasi KDRT. Oki pun sudah meminta maaf melalui akun Instagramnya dan mengunggah potongan ceramahnya tersebut dalam versi yang lebih lengkap.

"Terima kasih atas perhatian dan kasih sayangnya. Tentu saya sangat menolak kekerasan dalam rumah tangga, kata Oki.

"Mohon doa agar Allah membimbing setiap ucap hingga ke depannya mendatangkan maslahat. Insya Allah saya akan terus belajar, memperbaiki diri, dan menyampaikan dengan lebih baik ke depannya. Mohon bimbingan juga dari sahabat-sahabat semua," lanjut dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik