Loading...
Loading…
5 Langkah Mudah Membersihkan Kandang Kucing, Yuk Simak

5 Langkah Mudah Membersihkan Kandang Kucing, Yuk Simak

Gaya Hidup | genpi.co | Sabtu, 05 Februari 2022 - 14:22

GenPI.co - Memiliki kucing sebagai hewan peliharaan tentu hal yang menyenangkan. Selain dapat meningkatkan suasana hati, kucing juga dapat menjadi teman kita.

Namun, memelihara kucing bukan hanya sekedar memberi makan, ya. Pastikan kalau kamu telah siap secara tenaga dan materi.

Apalagi, ada hal-hal yang perlu kita perhatikan saat merawat kucing. Salah satunya adalah cara membersihkan kandang kucing.

Nah, agar tidak salah, simak langkah-langkah membersihkan kandang kucing berikut ini.

1. Mengganti Pasir

Pastikan kamu mengganti pasir di dalam kandang minimal dua kali seminggu. Jika kamu menggunakan pasir cuci, pastikan sudah bersih dan kering.

Lalu, sebelum memasukkan kembali pasir ke dalam kotak, pastikan kamu membersihkan kotak pasirnya dengan cara mengikis kotoran kucing dan mencucinya, ya.

2. Menyemprot Dengan Air

Semprotlah kandang dengan air untuk membersihkan sisa kotoran yang tertinggal agar tidak mengendap dan membuat kucing tidak betah berada di dalam kandang.

Selain pada kandang, kamu juga perlu menyemprot peralatan makan milik kucing.

Buanglah sisa-sisa makanan di dalam kandang dan tempat makannya terlebih dahulu, lalu cuci sampai bersih.

3. Menyikat Kandang

Tidak cukup hanya menyemprotkan kandang dengan air, kamu juga perlu menyikat kembali kandang kucing. Gunakan air sabun untuk memastikan bahwa kandang benar-benar bersih dari kotoran dan wangi.

4. Membuang Kotoran Kucing

Terlalu lama membiarkan kotoran kucing di dalam kandang dapat menimbulkan bau tidak sedap.

Saat membuangnya, pastikan kamu memakai sarung tangan karena kotoran kucing juga berbahaya bagi kesehatan, lho.

Jika kamu menemukan kotoran kucing berbau lebih menyengat dari biasanya, bisa jadi karena pengaruh bakteri dan ada yang bermasalah dengan makanan kucing

5. Menyemprot Cairan Desinfektan

Setelah kering, kamu bisa menyemprotkan cairan desinfektan pada sisi-sisi kandang untuk membunuh dan mencegah munculnya bakteri, virus, dan jamur pada kandang.

Hal ini dilakukan agar kucing bisa terhindar dari penyakit dan parasit yang mengintainya.

Itu dia langkah-langkah membersihkan kandang kucing. Bila kandang kucing kembali bersih, kamu bisa kembali menempatkan kandang tersebut di tempat dengan sirkulasi udara yang baik. (*)

Simak video pilihan redaksi berikut ini:

Original Source

Topik Menarik

{