4 Makanan Penyebab Diare

4 Makanan Penyebab Diare

Gaya Hidup | okezone | Jum'at, 4 Februari 2022 - 15:31
share

MAKANAN penyebab diare apa saja? Penyakit diare menjadi salah satu penyakit yang umum dihubungkan dengan kurangnya menjaga pola hidup sehat. Perlu diketahui, penyakit diare juga bisa disebabkan oleh virus atau bakteri yang berusaha dikeluarkan oleh tubuh.

Namun, bagi sebagian orang mengkonsumsi makanan tertentu juga dapat memicu diare, lho. Makanan yang memicu diare berbeda pada setiap orang lantaran adanya perbedaan respon intoleransi makanan.

Intinya, jika kamu memiliki intoleransi makanan, mengonsumsi makanan tertentu dapat menyebabkan diare. Selain intoleransi, diare akibat makanan juga bisa terjadi karena kondisi malabsorpsi, yaitu ketika usus kecil kurang mampu menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Lantas, apa saja makanan yang dapat memicu penyebab diare? Okezone.com telah merangkum empat makanan penyebab diare, sebagai berikut:

Makanan Penyebab Diare

Makanan Pedas

Makanan pedas menjadi salah satu makanan favorit di kalangan remaja saat ini. Namun, makanan ini salah satu penyebab paling umum dari diare.

Umumnya, terjadi karena makanan ini dikonsumsi dengan bumbu kuat yang tidak biasa digunakan tubuh. Cabai rawit dan campuran kari adalah penyebab umum, karena mengandung capsaicin, bahan kimia yang memberikan rasa panas pada cabai.

Meski capsaicin bermanfaat bagi kesehatan, seperti mengobati nyeri dan radang sendi, ia juga berpotensi menyebabkan iritasi. Capsaicin dapat mengiritasi lapisan lambung selama proses pencernaan. Terutama saat dikonsumsi dalam jumlah banyak, capsaicin dapat menyebabkan gejala seperti diare, mual, muntah, dan sakit perut.

Susu dan Olahannya

Olahan susu merupakan makanan yang banyak disukai orang. Namun, jika kamu mengalami diare setelah minum susu atau makan produk olahannya, kamu mungkin mengalami intoleransi laktosa. Banyak orang tidak tahu bahwa mereka memiliki intoleransi laktosa.

Kondisi ini karena tubuh tidak memiliki enzim untuk memecah gula tertentu dalam produk susu. Alih-alih memecahnya, tubuh justru membuang gula ini dengan sangat cepat, sering kali dalam bentuk diare.

Topik Menarik