Sering Kesemutan dan Mati Rasa pada Wajah? Hati-hati Bisa Jadi Gejala Kanker

Sering Kesemutan dan Mati Rasa pada Wajah? Hati-hati Bisa Jadi Gejala Kanker

Gaya Hidup | herstory | Jum'at, 4 Februari 2022 - 13:30
share

Kanker merupakan penyakit yang sering tak diketahui kapan ia mulai timbul. Kanker pun jadi penyakit yang sering kali menjadi penyebab kematian paling banyak. Kanker terjadi ketika sel-sel yang bermutasi berkembang biak dengan cepat dan tidak terkendali, sehingga menimbulkan tumbuhnya tumor.

Terdapat satu gejala kanker yang muncul di bagian bawah wajah, yakni kanker nasofaring. Berikut penjelasannya, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (4/2/2022).

Apa Itu Kanker Nasofaring?

Umumnya, kanker memiliki gejala seperti penuruna berat badan yang tidak seperti biasanya, kelelahan yang terus-menerus, dan pembengkakan di seluruh tubuh.

Berbeda halnya dengan kanker nasofaring, gejala yang terjadi biasanya di tenggorokan yang menghubungkan bagian belakang hidung dengan bagian belakang mulut.

Karena kanker ini menyerang bagian tenggorokan, gejalanya termasuk gangguan pendengaran, benjolan di leher, kesulitan menelan, penglihatan ganda, sakit kepala, mimisan, hidung tersumbat dan mati rasa di bagian bawah wajah.

Mati rasa di wajah bisa disertai dengan sensasi kesemutan. Moffitt Cancer Centre, mengatakan gejala ini cenderung menjadi lebih luas dari waktu ke waktu.

Pusat Kanker menjelaskan bahwa pasien dengan tumor nasofaring mungkin merasakan benjolan kecil di salah satu sisi leher mereka.

Benjolan ini bukan tumor, melainkan kelenjar getah bening yang meradang. Kebanyakan kelenjar getah bening sangat kecil dan tidak bisa dirasakan.

Namun, kelenjar getah bening yang diserang oleh sel kanker berpotensi membengkak hingga beberapa kali ukuran normalnya

Kamu juga perlu tahu bahwa nyeri wajah dan mati rasa adalah gejala umum dengan berbagai penyebab, tidak hanya pertanda kanker. Terlebih lagi, kanker nasofaring cukup langka. Penyakit ini lebih umum di beberapa bagian Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika Utara.

Topik Menarik