5 Penyebab Perut Kembung Setiap Pagi

5 Penyebab Perut Kembung Setiap Pagi

Gaya Hidup | genpi.co | Selasa, 1 Februari 2022 - 05:00
share

GenPI.co - Perut kembung pada pagi hari biasanya berkaitan dengan kegiatan yang kamu lakukan sebelumnya.

Kondisi ini tidak selalu disebabkan oleh penumpukan gas, tapi bisa juga karena sembelit, penumpukan cairan, atau faktor lain. Berikut sejumlah faktor yang dapat menjadi penyebabnya.

Makan malam terlalu banyak

Terlalu banyak makan pada malam hari dapat membuat perut kembung setiap pagi. Ini lantaran aktivitas pencernaan menurun saat kamu tidur.

Lambung dan usus tidak bisa mengimbangi jumlah makanan sehingga pencernaan tidak berjalan dengan baik.

Makan larut malam

Tubuh manusia mempunyai jam biologis untuk menjalankan setiap fungsinya. Sistem pencernaan manusia tidak terlalu aktif saat terlelap di malam hari.

Jadi, jika makan terlalu larut, proses pencernaan tidak akan berjalan dengan optimal. Makanan yang tidak dicerna dengan sempurna lalu bertemu bakteri dan menghasilkan gas.

Makan makanan penyebab kembung

Kamu mungkin saja mengalami kembung karena terlalu banyak mengonsumsi makanan pemicu kembung yang banyak mengandung gas, serat, gula tambahan, atau natrium.

Agar perut tidak kembung setiap pagi, sebaiknya batasi makan kacang legum dan lentil, gandum dan produk olahannya, sayuran berbonggol seperti brokoli, kol, dan kubis, bawang putih dan bawang bombai.

Cemas dan stres

Sistem pencernaan memiliki jutaan saraf yang terkoneksi ke otak, tapi juga bisa bekerja secara mandiri.

Ketika stres, koneksi ini bisa terganggu dan memicu sakit perut, perut kembung, dan keluhan lainnya yang mungkin kamu rasakan setiap pagi.

Gangguan pada sistem pencernaan

Wajar bagi seseorang untuk mengalami perut kembung pada pagi hari karena salah makan.

Namun, jika kondisi ini berlangsung setiap hari, Anda sebaiknya berkonsultasi kepada dokter untuk mencari tahu penyebabnya. (hellosehat)

Tonton Video viral berikut:

Topik Menarik