Bye Nyeri Haid, 4 Minuman Sehat dan Aman Ini Ampuh Lancarkan Menstruasi

Bye Nyeri Haid, 4 Minuman Sehat dan Aman Ini Ampuh Lancarkan Menstruasi

Gaya Hidup | herstory | Senin, 31 Januari 2022 - 17:20
share

Pola makan memiliki peran penting dalam melancarkan menstruasi. Tak hanya makanan, ada beberapa minuman yang mampu meredakan nyeri haid yang kamu rasakan, Beauty.

Nah, kira-kira minuman apa yang cocok dikonsumsi saat merasakan nyeri haid? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Air hangat

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi adalah hal yang penting terutama di saat menstruasi. Air membantu untuk mendukung sirkulasi dan membawa darah yang kaya nutrisi ke tempat yang dibutuhkan. Oleh karena itu, untuk memperlancar haid bisa dengan memperbanyak asupan air putih, terutama air hangat.

2. Smoothie hijau

Smoothie yang baik, segar, dan kaya nutrisi dapat membantu memperlancar dan meredakan nyeri haid. Smoothie hijau kiwi dan jahe, misalnya. Smoothie ini menyediakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selama periode haid, banyak wanita yang mengeluhkan kelelahan dan kekurangan energi. Diperburuk oleh kadar zat besi yang rendah, sehingga mengonsumsi smoothie hijau sangat membantu untuk meningkatkan asupan mineral untuk tubuh. Selain itu, berguna juga untuk melancarkan haid.

3. Teh Jahe

Jahe adalah bahan luar biasa yang berguna selama menstruasi. Jahe memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat membantu melancarkan dan mencegah kram selama haid. Kamu dapat meningkatkan asupan jahe dengan mengolahnya menjadi teh jahe, bisa juga memasukkannya ke dalam sup atau smoothie.

Jika ingin minum teh jahe, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara menyeduh jahe segar dalam air panas, lalu tambahkan sedikit madu atau seiris lemon untuk menambah rasa saat meminumnya.

4. Teh chamomile

Teh chamomile terbukti bermanfaat untuk melancarkan dan mencegah kram menstruasi. Hal ini karena kandungan senyawa hippurate dan glisin dapat membantu meredakan kejang otot, serta bekerja untuk merilekskan rahim. Chamomile juga memiliki sifat antiinflamasi.

5. Teh peppermint

Sebuah studi menemukan bahwa minyak peppermint melemaskan otot-otot perut, melancarkan dan mengatasi kram menstruasi bagi banyak wanita muda. Para peneliti menyimpulkan bahwa ini karena sifat antispasmodik dari kandungan mentolnya teh peppermint.

Topik Menarik