Kata Siapa Self Healing Itu Mahal? Yuk Coba Cara Ini, Bikin Pikiran Langsung Plong!

Kata Siapa Self Healing Itu Mahal? Yuk Coba Cara Ini, Bikin Pikiran Langsung Plong!

Gaya Hidup | herstory | Senin, 31 Januari 2022 - 14:45
share

Kegiatan self healing kali ini sudah menjadi kegiatan yang cukup populer di kalangan anak muda. Pasalnya, kegiatan ini identik dengan pergi ke tempat yang terkesan \'wow\' untuk melepaskan beban pikiran. Namun kenyataannya self healing tak selalu dengan cara itu lho.

Self healing sejatinya adalah sebuah proses penyembuhan diri atau luka batin yang diakibatkan oleh berbagai hal. Luka batin disini bisa saja seperti merasa gagal, frustrasi, kecewa dan lainnya.

Daripada self healing dengan jalan-jalan yang membutuhkan dana yang berlimpah maka sebentar lagi kamu akan mendapatkan alternatif self healing yang ampuh buatmu. Apa saja kira-kira?

Berikut, 7 tips mudah self-healing untukmu:

1. Menulis apa yang ada di pikiran

Menulis luka batin yang kamu alami adalah obat yang ampuh untuk self-healing. Hal ini tak perlu biaya yang mahal dan mudah untuk dilakukan.

Luka-luka yang ada padamu saat ini usahakan untuk ditulis secara ekspresif. Luapkan semua emosi melalui kata-kata yang menggambarkan luka batinmu. Jika perlu sampai detail hingga tak bersisa.

2. Membaca buku

Membaca buku adalah tips kedua termudah untuk self-healing. Membaca buku dengan ditemani minum teh dan mendengarkan musik dapat menghilangkan beban dan luka yang kamu miliki saat ini.

Membaca buku juga dapat kamu jadikan kebiasaan supaya kamu lebih merasa tenang dan tentu saja untuk menambah pengetahuanmu.

3. Salurkan dengan olahraga

Berolahraga menjadi solusi mudah berikutnya untuk self-healing. Mungkin kamu akan sedikit lelah ketika selesai berolahraga akan tetapi hal ini sebanding dengan hasil lainnya.

Selain untuk menjaga kesehatan badan, olahraga juga dapat mengurangi stres berlebih yang kamu miliki. Beban pikiran yang mengganggumu dapat kamu atasi dengan cara berolahraga.

4. Bercerita kepada support system

Melampiaskan emosi yang kamu rasakan adalah cara yang mudah sekaligus ampuh untuk self-healing. Hal ini bisa kamu lakukan kepada keluargamu, sahabatmu atau bahkan mentormu dalam hidup.

Beban atau luka yang tak kamu obati maka semakin lama akan semakin busuk dan menjadi penyakit bahkan sampai penyakit akut. Bercerita kepada support system yang kamu miliki akan mengobati luka-luka yang kamu miliki.

5. Beri ruang untuk memaafkan

Terkadang untuk memaafkan yang telah lalu itu begitu sulit. Memaafkan mungkin saja adalah sesuatu yang tak akan mungkin kamu lakukan.

Tapi inilah faktanya. Memaafkan masa lalu yang bahkan membuatmu tersakiti maka hal tersebut akan membuatmu lebih baik. Kamu akan menjadi pribadi yang sembuh akan luka masa lalu.

Mungkin ini terlihat mustahil untuk dilakukan. Tapi selama kamu mencobanya maka kamu akan bisa untuk memaafkan masa lalu.

6. Berbicara pada diri sendiri

Cobalah untuk berbicara pada diri sendiri. Misalnya dengan bantuan cermin dan mulailah untuk berbicara. Ajukan pertanyaan yang dapat membuatmu refleksi diri dan apa kira-kira penyebab atau akar dari permasalahan serta temukan solusinya.

Mungkin terdengar agak sedikit gak waras ketika kamu berbicara dengan dirimu sendiri. Tapi hal ini dapat membantumu untuk menemukan penyebab penyakit dan mengobatinya.

7. Mindfulness

Mindfulness atau suatu kondisi dimana kita berfokus pada masa sekarang. Terkadang orang yang punya luka batin mereka terlalu memikirkan masa lalu.

Mindfulness bisa dilakukan dengan cara kamu menutup mata dan tarik nafas kemudian mulailah untuk merasakan tarikan nafasmu. Lakukan hal ini supaya kamu lebih sadar dengan apa yang kamu lakukan pada masa sekarang.

Sudah kamu coba tips-tips self healing diatas? Semoga tips-tips diatas dapat membantumu untuk mengatasi luka batin yang kamu alami.

Topik Menarik