Keajaiban Membaca Surat Ar Rahman

Keajaiban Membaca Surat Ar Rahman

Gaya Hidup | inewsid | Kamis, 27 Januari 2022 - 21:22
share

JAKARTA, iNews.id - Surat Ar Rahman merupakan surat ke-55 dalam Al Quran. Ada keajaiban membaca Surat Ar Rahman di antaranya akan dikumpulkan bersama penghuni surga firdaus, menambah rasa syukur hingga ditutup kelemahannya oleh Allah.

Selain itu, Surat Ar Rahman juga bisa menjadi mahar perkawinan, pengantinnya Al Quran dan penghulunya surat-surat pendek atau surat mufassal.

Surat Ar Rahman ini mengajarkan kepada manusia dan jin untuk pandai-pandai bersyukur atas nikmat Allah. Ar Rahman artinya Yang Maha Pemurah. Surat ini termasuk surah Makkiyyah.

Dalam tafsir Ibnu Katsir sebagaimana disebutkan dari Jabir yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw keluar menemui para sahabatnya. Lalu membacakan kepada mereka surat Ar-Rahman dari permulaan hingga akhirnya, dan mereka hanya diam saja.

Maka bersabdalah Rasulullah Saw, "Sesungguhnya aku telah membacakannya kepada jin di malam perjumpaan dengan jin. Dan mereka mempunyai jawaban yang lebih baik daripada kalian.

Karena setiap kali bacaanku sampai pada firman-Nya: Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan (Ar-Rahman: 13) Maka mereka menjawabnya dengan jawaban, Tiada sesuatu pun dari nikmat-Mu, wahai Tuhan kami, yang kami ingkari; bagi-Mu segala puji."

"" -: -: " " : : " : { } : ".

Dari Ibnu Umar, bahwa Rasulullah Saw membaca surat Ar-Rahman atau surat Ar-Rahman dibacakan di hadapannya. Maka beliau Saw. bersabda. Mengapa aku mendengar jin lebih baik jawabannya kepada Tuhannya daripada kalian? Mereka bertanya, "Bagaimanakah jawabannya, wahai Rasulullah." Beliau Saw. menjawab: Tidak sekali-kali aku sampai pada firman-Nya, "Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? Melainkan jin menjawab, "Tiada sesuatu pun dari nikmat-nikmat-Mu, wahai Tuhan kami, yang kami dustakan (ingkari)."

Ustaz Abdul Somad mengatakan, dalam Surat Ar Rahman ini disebutkan ada 31 ayat yang menyatakan Fabiayyi Alaaa Irobbikumaa Tukadzibaan. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan?"

Ayat tersebut mengandung arti agar manusia untuk mensyukuri atas semua nikmat yang telah Allah berikan.

Berikut 8 keajaiban membaca Surat Ar Rahman yang perlu diketahui Muslim untuk diamalkan:

1. Bersama Penghuni Surga Firdaus

Imam al-Baihaqi meriwayatkan hadits dari Aisyah ra, Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam bersabda Pembaca surat al-Hadiid, surat al-Waaqiah dan surat ar-Rahman diseru di alam Malakuut langit dan bumi dengan Penghuni Surga Firdaus. (HR. Al-Baihaqi).

2. Mahar Perkawinan

Syiab al-Iiman hadits riwayat dari sayyidina Ali ra, aku mendengar Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam bersabda Setiap sesuatu memiliki pengantin, dan pengantin Alquran adalah surat ar-Rahman (HR. Al-Baihaqi)

Menurut UAS, surat Ar Rahman ini juga bisa dijadikan mahar bagi orang yang akan menikah.

"Guru ngaji saya menjadikan surat Ar Rahman sebagai maskawin. Ini benar adanya dan kisah nyata. Jadi bagi laki-laki yang tidak mampu memberikan mahar uang atau materi lain bisa menjadikan surat Ar Rahman ini sebagai maskawin,\' katanya.

3. Pengantinnya Al Quran

Surat Ar-Rahman adalah pengantinnya Al-Quran. Sebagaimana Surat Yasin yang disebut sebagai hati Al-Quran, maka Ar-Rahman adalah pengantinnya Al-Quran. Setiap sesuatu punya hati. Pun setiap sesuatu punya pengantin. Dan pengantin Al-Quran adalah Surat Ar-Rahman, sebagaimana sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dalam Kitab Syuabul Iman

Segala sesuatu punya pengantin. Dan pengantin Al-Quran adalah Surat Ar-Rahman. (HR. Baihaqi)

Menurut Al-Qari, surah tersebut sebagai mahkota Al-Quran sebab di dalamnya termuat beberapa nikmat dunia dan akhirat serta beberapa sifat bidadari sebagai perhiasan surga.

4. Menambah Rasa Syukur

Dari Ubay Bin Kab ra, ia berkata, Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam bersabda Barangsiapa membaca surat Ar Rahmaan niscaya Allah rahmati ketiada berdayaannya dan ia telah menjalankan rasa syukur atas nikmat Allah padanya.

5. Ditutup Kelemahannya oleh Allah

Orang yang membaca Surat Ar Rahman akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT, sebagaimana dalam hadis yang bersumber dari sahabat Ubay bin Kaab , Rasulullah SAW bersabda:

Barangsiapa yang membaca Surat Ar-Rahman, maka Allah akan mengasihi kelemahannya dan ia telah menunaikan syukur atas nikmat yang Allah berikan kepadanya. (HR. Baihaqi)

6. Mendapat Kejernihan Hati dan Kegembiraan

Keajaiban membaca surat ar ahman yang lain dikutip dari laman bincangsyariah.com , Al-Hifni berkata:

Surat ar Rahman disamakan dengan mahkota, sebab penuh dengan keindahan, kesenangan dan kegembiraan. Sehingga seorang yang arif ketika membaca surah ar Rahman dan mengingat kenikmatan di dalamnya maka sesuai derajatnya akan memperoleh kegembiraan serta kejernihan hati.

7. Sarana Cepat Hafal Al Quran

Al-Ghazali dalam Asrari al-Quran berkata:

: * * * * ?[: 1 5] * * * ?[: 16 19] * ?[: 21 22] .

Al-Kalibi berkata: Anakku membaca Al-Quran, setiap kali membaca beberapa ayat dari Al-Quran itu lupa. Kemudian aku bermimpi melihat seorang laki-laki berkata Tulislah surah al-Rahman (ayat 1-5), surah al-Qiyamah (ayat 16-19) serta surah al-Buruj (ayat 21-22) dan siram dengan air zamzam dan minumkan pada anakmu maka dia akan hafal Al-Quran. Kemudian dia hafal al-Quran.

8. Penghulunya Surat Mufassal

Imam Ahmad mengatakan seorang lelaki pernah bertanya, "Bagaimana engkau mengenal dialek ini yang menyebutkan \'dari air yang tiada berubah rasa dan baunya?" Maka Zurr balik bertanya, "Apakah engkau telah hafal seluruh Al-Qur\'an?" Lelaki itu berkata, "Sesungguhnya aku benar-benar dapat membaca surat Mufassal dalam satu rakaat." Zurr berkata, "Al-Qur\'an itu tidaklah seperti syair, celakalah kamu. Sesungguhnya aku telah mengetahui tanda-tanda yang dilakukan oleh Nabi Saw. Beliau memberi tanda dua surat-dua surat mulai dari permulaan surat-surat Mufassal. Dan permulaan surat-surat Mufassal ibnu Mas\'ud adalah surat Ar-Rahman."

Demikian penjelasan keajaiban membaca Surat Ar Rahman yang patut dilakukan rutin setiap saat sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah yang telah diberikan dan berharap mendapat rahmat-Nya.

Wallahu A\'lam bissawab

Topik Menarik